Selasa, 05 September 2023

PENTINGNYA MOTIVASI

DALAM KEGIATAN ANBK


Foto Kegiatan Informasi Pelaksanaan ANBK
Selasa, 5 September 2023

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Pesertanya acak dari Dapodik dan dipilih langsung oleh pusat melalui sistem. Peserata SMP berjumlah 45 Siswa dan cadangan 5 siswa dari kelas VIII. 

Hari ini Selasa, 5 September 2023 Data Sementara Duta ANBK SMP Pasundan 1 Bandung mulai dikumpulkan, dengan tujuan sosialisasi pelaksanaan Gladi, dan pelaksanaan ANBK yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-12 September 2023 untuk Gladi dan pelaksanaan ANBK pada Gelombang ke-1 tanggal 18-19 September 2023. Dilaksanakan dalam dua sesi yakni Sesi 1 sejumlah 30 siswa dan sesi 2 sejumlah 15 siswa.

Assesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilaksanakan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem Pendidikan pada tingkat satuan Pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan  instrument assesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Assesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam literasi membaca dan literasi matematik (Numerasi).

Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksi berbagai jenis teks untuk  menyelesaikan  masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga negara agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Numerasi adalah kemampuan berfikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat  matematika  untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Survey Karakter adalah Pengukuran terhadap Skap, kebiasaan, nilai-nilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila yakni Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

Sirvei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Pelaksanaan Kegiatan ANBK di SMP Pasundan 1 Bandung, terlaksana pada Gelombang 1 yakni  pada hari Senin - Selasa tanggal 18-19 September 2023. Dilaksanakan dalam dua sesi yakni Sesi 1 sejumlah 30 siswa dan sesi 2 sejumlah 15 siswa.

Hari pertama Sesi pertama Gladi ANBK ada tujuh siswa yang terkendala akan tetapi akhirnya siswa bisa menyelesaikan berbagai pertanyaan. Untuk Sesi ke dua berjalan lancar sesuai dengan harapan dan siswa bisa menyelesaikan soal-soal dengan lancar.

Hari Kedua Sesi pertama Gladi ANBK ada seorang siswa yang terkendala sampai akhirnya siswa tidak bisa menyelesaikan berbagai pertanyaan. Sesi ke dua berjalan lancar. 

Mudah-mudahan dalam pelaksanaan ANBK di Gelombang 1 Senin - Selasa tanggal 18-19 September 2023 siswa siswinya sehat dan hadir serta tidak terkendala jaringan atau server, sehingga hasilnya dapat mengukir Rapot Terindah untuk SMP Pasundan 1 Bandung.

Semangat Anak-anakku Duta ANBK SMP Pasundan 1 Bandung, semangat untuk kawan-kawan Teknisi dan Operator serta rekan-rekan Guru dan TA yang telah lelah bekerja mudah-mudahan lelahnya menjadi Lillah.


Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...