Senin, 28 Agustus 2023

AKSI NYATA

MELAKUKAN ASESMEN FORMATIF

Asesmen merupakan salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang akan, sedang dan telah berlangsung.

Selama ini kita terjebak pada penilaian Pengetahuan, sehingga penilaian dirasa kurang berkenan di hati para Peserta didik. Ada Penilaian Pree Test, Post Tes, Penialain Harian, Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun, dan Ujian Sekolah untuk Kelas Akhir yakni Kelas IX.

Penilaian masih terbatas pada Tes Tertulis dan Hasil penilaian hanya sampai penialian angka-angka untuk mengisi nilai Rapor. Terkadang Guru merasa terhormat manakala mencantumkan Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal yang sangat rendah karena mereka beranggapan bahwa pelejarannya sangat sukar dikuasai murid, mengingat Daya Dukung, Kompleksitas dan Kedalam Materi sangat sulit.

Diperparah lagi dengan hasil tes tidak dijadikan refleksi dan umpan Balik bagi untuk Guru dalam memperbaiki ptoses berlajar mengajar di kelas.

Dengan adanya sistim penilaian yang hanya menitik beratkan pada angka, Pengetahuan dan Penilaian hanya bertumpu pada siswa. serta hasil penilaian tidak dijadikan bahan refleksi untuk guru tersebut maka perubahan sistim penilaian dengan sistim baru yakni Asesmen. Diharapkan dengan adannya Asesmen dapat dimanfaatkan menjadi bukti pembelajaran yang bermakna dan merencanakan tindak lanjut yang mampu membantu siswa menumbuhkan potensinya. 

Kemudian Umpan balik merupakan pola pikir bertumbuh dalam Asesmen. Umpan Balik adalah respon dari Guru yang diberikan kepada siswa yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan, yang menggambarkan apa saja yang sudah dicapai apa saja yang seharusnya dapat dilakukan oleh siswa dengan lebih baik dalam mencapai Kompetensi yang dimaksud dan menyarankan strategi apa saja yang dapat diterapkan oleh siswa untuk membatu meningkatkan hasil belajaryang telah ditargetkan.

Nah dalam kesempatan ini saya akan memaparkan Asesmen Formatif dan Umpan balik. Asesmen Formatif adalah  Proses mengumpulkan data/ informasi/ bukti-bukti mengenail sejauh mana (seberapa baik) kemajuan siswa dalam menguasai kompetensi, menginterprestasikan data/ informasi tersebut, dan memutuskan kegiatan pembelajaran yang paling efektif untuk memfasilitasi setiap siswa untuk mencapai penguasaan Kompetensi yang optimal dalam hal ini adalah Pelaksanaan Pancasila Dari Waktu ke waktu.

Asesmen Formatif dilaksanakan dengan tujuan Agar Guru memperoleh informasi berkelanjutan Tujuannyaberkelanjutan tententang perkembangan penguasaan kompetensi siswa untuk meningkatkan kualitas pengetahuannya sehingga terjamin pencapaian optimal belajar siswa, kemudian  Asesmen Formatif bertujuan agar siswa dapat memantau belajar mereka melalui umpan balik dari guru

Waktu Pelaksanaan Asesmen Formatif selama proses Pembelajaran berlangsung baik di awal, di Tengah maupun diakhir. Adapun bentuk yang saya gunakan adalah Penilaian Diri yang cakupannya SIkap, Pengetahuan dan Keterampilan

Waktu Pelaksanaan Asesmen Formatif selama proses Pembelajaran berlangsung baik di awal, di Tengah maupun diakhir. Adapun bentuk yang saya gunakan adalah Penilaian Diri yang cakupannya SIkap, Pengetahuan dan Keterampilan.

Hasil Asesmen Formatif dijadikan sebagai bahan refleksi terhadap pembelajaran yang kemudian ditindak lanjuti berupa perbaikan, modifikasi, ataupun perubahan perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Peserta didik

Saya melaksanakan Asesmen Formatif di akhir Pembelajaran dengan cara Umpan balik tidak ditunda melainkan sesegera mungkin dilaksanakan, saya pilih bagian yang terkait dengan tujuan Pembelajaran Utama yakni Pelaksanaan Dinamika Pancasila dari Waktu ke Waktu. Dan moda yang dipergunakan adalah Umpan Balik tertulis untuk tugas tertulis. 

Berikut adalah Format Asesmen Formatif Dinamika Pancasila dari Waktu ke Waktu

Foto Kegiatan Siswa saat Asesmen Formatif, dibawah ini:

Hasil Umpan Balik dengan Siswa


Video  Kegiatan  saat Asesmen Formatif


Alhamdulillah Validasinya sudah terlihat dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. 

















Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...