MELAKUKAN ASESMEN FORMATIF
Asesmen merupakan salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang akan, sedang dan telah berlangsung.
Selama ini kita terjebak pada
penilaian Pengetahuan, sehingga penilaian dirasa kurang berkenan di hati para Peserta didik. Ada Penilaian Pree Test, Post Tes, Penialain Harian, Penilaian Tengah
Semester, Penilaian Akhir Semester, Penilaian Akhir Tahun, dan Ujian Sekolah
untuk Kelas Akhir yakni Kelas IX.
Penilaian masih terbatas pada Tes
Tertulis dan Hasil penilaian hanya sampai penialian angka-angka untuk mengisi
nilai Rapor. Terkadang Guru merasa terhormat manakala mencantumkan Nilai
Kriteria Ketuntasan Minimal yang sangat rendah karena mereka beranggapan bahwa
pelejarannya sangat sukar dikuasai murid, mengingat Daya Dukung, Kompleksitas
dan Kedalam Materi sangat sulit.
Diperparah lagi dengan hasil
tes tidak dijadikan refleksi dan umpan Balik bagi untuk Guru dalam
memperbaiki ptoses berlajar mengajar di kelas.
Dengan adanya sistim penilaian yang hanya menitik beratkan pada angka, Pengetahuan dan Penilaian hanya bertumpu pada siswa. serta hasil penilaian tidak dijadikan bahan refleksi untuk guru tersebut maka perubahan sistim penilaian dengan sistim baru yakni Asesmen. Diharapkan dengan adannya Asesmen dapat dimanfaatkan menjadi bukti pembelajaran yang bermakna dan merencanakan tindak lanjut yang mampu membantu siswa menumbuhkan potensinya.
Kemudian Umpan balik merupakan pola pikir bertumbuh dalam Asesmen. Umpan Balik adalah respon dari Guru yang diberikan kepada siswa yang relevan dengan teknik penilaian formatif yang diberikan, yang menggambarkan apa saja yang sudah dicapai apa saja yang seharusnya dapat dilakukan oleh siswa dengan lebih baik dalam mencapai Kompetensi yang dimaksud dan menyarankan strategi apa saja yang dapat diterapkan oleh siswa untuk membatu meningkatkan hasil belajaryang telah ditargetkan.
Asesmen
Formatif dilaksanakan dengan tujuan Agar Guru memperoleh informasi berkelanjutan
Waktu Pelaksanaan Asesmen Formatif selama proses
Pembelajaran berlangsung baik di awal, di Tengah maupun diakhir. Adapun bentuk
yang saya gunakan adalah Penilaian Diri yang cakupannya SIkap, Pengetahuan dan
Keterampilan
Waktu Pelaksanaan Asesmen Formatif selama proses
Pembelajaran berlangsung baik di awal, di Tengah maupun diakhir. Adapun bentuk
yang saya gunakan adalah Penilaian Diri yang cakupannya SIkap, Pengetahuan dan
Keterampilan.
Hasil Asesmen Formatif dijadikan sebagai bahan refleksi terhadap pembelajaran yang kemudian ditindak lanjuti berupa perbaikan, modifikasi, ataupun perubahan perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan Peserta didik
Saya melaksanakan Asesmen Formatif di akhir Pembelajaran dengan cara Umpan balik tidak ditunda melainkan sesegera mungkin dilaksanakan, saya pilih bagian yang terkait dengan tujuan Pembelajaran Utama yakni Pelaksanaan Dinamika Pancasila dari Waktu ke Waktu. Dan moda yang dipergunakan adalah Umpan Balik tertulis untuk tugas tertulis.
Berikut adalah Format Asesmen Formatif Dinamika Pancasila dari Waktu ke Waktu
Foto Kegiatan Siswa saat Asesmen Formatif, dibawah ini:
Hasil Umpan Balik dengan Siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar