Jumat, 13 September 2024

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT



Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan banyaknya kebutuhan antara satu manusia dan manusia lainnya dapat menimbulkan perselisihan untuk saling mendapatkan dan memperebutkan. Jika perselisihan tersebut tidak segera ditangani dengan tepat, akan terjadi perpecahan dalam kelompok masyarakat. Oleh karena itu, supaya perpecahan dalam kelompok masyarakat tidak terjadi, perlu adanya norma di dalam kehidupan masyarakat. Istilah lain dari norma adalah aturan atau kaidah. Berikut pengertian  Norma adalah aturan yang menjadi petunjuk bagi setiap manusia untuk melakukan tindakan yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan oleh manusia kepada manusia an norma menurut para ahli lainnya. Keberadaan norma menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat. Tiap manusia perlu memiliki kesadaran akan keberadaan norma karena dengan adanya norma tiap manusia dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan isik dan kebutuhan nonisiknya tanpa merugikan dan mengganggu kebutuhan orang lain

Sebagai wujud untuk memberikan jaminan terpenuhinya kebutuhan manusia secara selaras dan tidak bersinggungan dengan manusia lainnya, maka dibentuklah norma dalam masyarakat. Dalam kehidupan ber masyarakat, setiap manusia tidak bisa lepas dari norma di mana pun dan kapan pun. Hal tersebut bertujuan untuk membatasi perilaku manusia agar tidak bertindak sesuai keinginannya sendiri sehingga merugikan orang lain. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya norma dan aturan menjadi petunjuk dan pedoman bagi masyarakat dalam bertingkah laku sehari-hari, di antaranya sebagai berikut.

  1. Terdapat perintah, merupakan anjuran dan petunjuk yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia.
  2. Terdapat larangan, merupakan petunjuk yang tidak dilakukan dan harus ditinggalkan oleh setiap manusia.
  3. Adanya sanksi, artinya setiap manusia yang dengan sengaja atau tidak sengaja melanggar norma akan memperoleh dampak negatif berupa hukuman.
  4. Memiliki sifat mengikat dan memaksa untuk dipatuhi, artinya setiap norma yang berlaku wajib diterima dan dipatuhi oleh setiap manusia dalam kelompoknya.

Norma dapat ditemukan dalam setiap kehidupan kelompok masyarakat, mulai dari kelompok masyarakat di perkotaan maupun pedesaan. Adapun fungsi keberadaan norma dalam kehidupan masyarakat di antaranya sebagai berikut

  1. Terdapat perintah, merupakan anjuran dan petunjuk yang harus dilaksanakan oleh setiap manusia.
  2. Terdapat larangan, merupakan petunjuk yang tidak dilakukan dan harus ditinggalkan oleh setiap manusia. 
  3. Adanya sanksi, artinya setiap manusia yang dengan sengaja atau tidak sengaja melanggar norma akan memperoleh dampak negatif berupa hukuman.
  4. Memiliki sifat mengikat dan memaksa untuk dipatuhi, artinya setiap norma yang berlaku wajib diterima dan dipatuhi oleh setiap manusia dalam kelompoknya. Norma dapat ditemukan
  5. Menciptakan keadilan. Norma memberikan jaminan kepada setiap orang saat melaksanakan kewajiban dan menerima hak sesuai porsinya serta menghindarkan tindakan sewenang-wenang oleh orang lain.

Berbicara tentang Norma, ada berapa Norma yang hidup di Masyarakat yakni Norma Agama, norma Kesulaan, Norma Kesopanan dan Norma Hukum. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian  carilah dari berbagai sumber belajar (buku di perpustakaan atau melalui mesin pencari di internet) mengenai informasi lebih lanjut tentang jenis -jenis norma yang berlaku di Masyarakat kemudian kerjakan tugas. Berikut langkah yang harus kalian lalui untuk menyelesaikan aktivitas ini.

  1. Kerjakan tugas ini di buku tulis Pendidikan Pancasila kalian, boleh menggunakan bolpoin atau pensil!
  2. Tuliskan 5 contoh norma atau aturan yang sering kalian temui dan kalian patuhi sehari-hari!
  3. Kerjakan tugas secara berkelompok dan berdiskusi!

Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...