Kamis, 04 Januari 2024

REFLEKSI HARIANKU

 DENGAN MEMANTASKAN DIRI SEBAGAI PENDIDIK PROFESIONAL


Sebagai pendidik mutasi dan rotasi adalah sesuatu hal yang biasa, yang terpenting dimanapun kita bertugas selalu memantaskan diri menjadi Tenaga Pendidik yang Profesional. Apa saja upaya memantaskan diri tersebut? yakni: Mengikuti aturan atau regulasi saat dimana kita bertugas; Berusaha untuk selalu menampilkan prilaku mendekati Standar Ideal, Memelihara Citra baik sebagai tenaga Pendidik yang Profesional, Memanfaatkan setiap kesempatan pengembangan diri sebagai Pendidik yang Profesional, Menjaga kualitas dan cita-cita Profesi. dan terakhir adalah memiliki rasa bangga terhadap profesi yang disandang.

Mengikuti aturan atau regulasi saat dimana kita bertugas, pribahasa mengatakan dimana kita berpijak disanalah langit dijungjung. Sesekali jangan melawan arus ikuti aturan yang dilaksanakan di tempat bertugas. Dengan cara itu kita akan diterima dan akan nyaman tentram mengikuti irama sesuai degan norma aturan yang ada.

Memanfaatkan berbagai peluang atau kesempatan pengembangan diri sebagai Pendidik yang Profesional. Banyak cara yang ditawarkan atau disediakan baik oleh lembaga resmi ataupun lebaga swasta yang konsen dengan Pendidikan untuk melakukan Pengembangan diri. Bahkan tidak tanggung-tanggung dilakukan dengan gratis. Tinggal kita mau dan mampu memilih mana pengebangan diri yang urjen dan mana yang bisa ditunda, mengingat banyaknya jadwal yang begitu padat. Tunggu apa lagi, segera ikuti pengembangan diri jangan sampai kita tertinggal oleh orang lain.

Kemudian Berusaha untuk selalu menampilkan prilaku mendekati Standar Ideal, Pendidik harus memiliki standar Kualifikasi baik dari segi Pendidikan ataupun dari segi Kompetensi. Dengan dilengkapinya standar ideal tersebut Pendidik akan merasa percaya diri.

Memelihara Citra baik sebagai tenaga Pendidik yang Profesional, dengan mematuhi Kode etik  sebagai pendidik, kita dibimbing untuk tetap menjaga dan memelihara citra baik sebagai pendidik yang profesional.

Menjaga kualitas dan cita-cita Profesi. Mencerdaskan anak bangsa itu adalah cita-cita kita sebagai pendidik. Memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan potensi sehingga dapat memperoleh prestasi sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Keseukses peserta sidik adalah kesuksesan kita sebagai pendidik. Perlu diingat bahwa kita sebagai pendidik memiliki cita-cita bahwa peserta didik memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap atau karakter profil pelajar Pancasil. 

Rasa bangga terhadap profesi yang disandang, diharapkan kita sebagai pendidik profesional memiliki rasa percaya diri  ditunjukkan dengan penghargaan dan pengalaman diri masa lalu, berdedikasi dengan tugas-tugas sekarang dan menyakini akan potensi kita bagi perkembangan di masa yang akan datang dan  tatap masa depan lebih hebat dan lebih bahagia.

Kembali ke rotasi atau mutasi. Pastinya dipandang sebagai hal yang kurang menyenangkan karena harus keluar dari jona aman dan nyaman, untuk mulai merintis hal-hal yang baru di tempat baru. Ini adalah refleksi Harianku diawal tugas Mulai Tanggal 8 Januari 2024 di SMP Negeri 12 Kota Bandung.


Kegiatan awal mulai menata diri dengan pelan tetapi pasti, karena bukan hal yang baru di pekerjaan tetapi memang lingkungan yang serba baru. 

Bagaimana teman sejawat merespon terhadap prilaku dan sikap saya dalam keseharian selama Hari-hari pertamaku, bisa dilihat dari umpan balik di bawah ini.

Dokumen Umpan Balik Rekan teman Sejawat






Mari kita semangat memantaskan diri sebagai pendidik yang profesional ditunjukkan dengan penghargaan dan pengalaman diri masa lalu, berdedikasi dengan tugas-tugas sekarang dan menyakini akan potensi kita bagi perkembangan di masa yang akan datang.

Semangat dan sukses Teman-teman!




Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...