Sabtu, 20 Januari 2024

BERBAGI PRAKTIK BAIK

 KESIAPAN SMP NEGERI 12 BANDUNG
DALAM PELAKSANAAN PROJEK SEMESTER GENAP 
TAHUN PELAJARAN 2023-2024


Profil Pelajar Pancasila berperan sebagai referensi utama yang mengarahkan kebijakan-kebijakan Pendidikan termasuk menjadi acuan untuk para pendidik dalam mengembangkan karakter serta kompetensi peserta didik.

Profil Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pernyataan ini memuat tiga kata kunci belajar sepanjang hayat, kompetensi, dan nilai-nilai Pancasila. Hal ini menunjukkan adanya kepatuhan antara penguatan identitas khas bangsa Indonesia yaitu Pancasila sebagai rujukan karakter Pelajar Pancasila dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan sumber daya manusia Indonesia dalam konteks perkembangan abad 21. Oleh karena itu sederhananya Profil Pelajar Pancasila adalah seperangkat kompetensi yang diharapkan tercapai oleh pelajar Indonesia. Profil Pelajar Pancasila digali dari nilai-nilai Pancasila dan kebutuhan abad 21

Profil Pelajar Pancasila meliputu enam elemen, pertama beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha dan berakhlak mulia. kedua Mandiri, ketiga bergotong royong, keempat berkebhinekaan Globa,l kelima bernalar kritis dan terakhir ke-enam  kreatif.

Adapun Tema-tema Penguatan Project Profil Pelajar Pancasila (P5) terdiri dari: (1) adalah kearifan lokal, (2) rekayasa dan teknologi,  (3)  kewirausahaan, (4) bineka Tunggal Ika, (5) gaya hidup berkelanjutan dan 6 bangun jiwa Raganya dan  ke-7  suara demokrasi.

Sekolah diberikan fleksibilitas untuk menentukan cara menjalankan proyek-proyek tersebut, sehingga sekolah wajib: membentuk tim fasilitator P5 sendiri,  mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, merancang dimensi,  tema, alokasi waktu, menyusun modul proyek dan  merancang strategi pelaporan hasil proyek

Kali ini saya akan mencoba mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan di mana kepala sekolah bersama tim fasilittor merefleksikan dan menentukan tingkat kesiapan satuan pendidikan.

Cara mengidentifikasi kesiapan sekolah untuk melaksanakan Project diantaranya pertama seberapa banyak pendidik yang pernah melaksanakan pembelajaran berbasis Project,  ke-dua Apakah pembelajaran berbasis proyek sudah menjadi kebiasaan sekolah, ke-tiga Apakah Project sudah terjadi lintas disiplin dan ke-empat sekolah memiliki sistem yang mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis Project selanjutnya apakah sudah ada keterlibatan Mitra

Setelah melihat identifikasi kesiapan satuan pendidikan ternyata sekian langkah sudah terpenuhi artinya Sekolah siap di tahap lanjutan dan bahkan direkomendasikan untuk menjadi  mentor  sekolah tahap awal dan tahap berkembang.

Dokumen Kesiapan Satuan Pendidikan
dalam Melaksanakan P5


Sosislisasi Tim Projek


Bapak Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah
dalam Kegiatan Sosialisasi Project P5


Ketuan Project dalam Kegiatan 
Sosialisasi Project P5


Koordinator P5 Kelas VII


Koordinator P5 Kelas VIII


Sosialisasi P5 Terhadap Guru


Sosialisasi P5 Terhadap Guru


Sosialisasi P5 di Kelas VII


Sosialisasi P5 di Kelas VIII


Sosialisasi P5 di Kelas IX

Tema yang diusung di Kls VII

  1. Gaya Hidup berkelanjutan, Budidaya Tanaman (Iman dan Takwa)
  2. Tema Kewirausahaan (Keluwesan berpikir) Kretivitas dan bergotong royong

Tema yang diusung di Kls VIII

  1. Bangun jiwa Raga (Mengenal dan mengidentifikasi Pola Kesehatan)
  2. Kewirausahaan

Tema yang diusung di Kls IX

  1. Bhineka Tunggal Ika 
  2. Suara Demokrasi 

Dokumen Umpan Balik







Kesiapan Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 12 Bandung, terlihat  sudah begitu matang dan kemudian supaya persiapan dapat direalisasikan ke proses pelaksanaan P5, maka diadakan sosialisasi. Adapun sosialisasi pertama dimatangkan di tim Project, kemudian di tataran Guru dan siswa.

Kesiapan terlihat dari Banyak pendidik yang pernah melaksanakan pembelajaran berbasis Project, Pembelajaran berbasis proyek sudah menjadi kebiasaan sekolah, Project sudah terjadi lintas disiplin, Sekolah memiliki sistem yang mendukung pelaksanaan pembelajaran berbasis Project, dan Sudah ada keterlibatan dengan Mitra.

Mudah-mudahan hasil dari Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 12 Bandung berjalan lancar sesuai dengan harapan, dan endingnya bukan sekedar produk akan tetapi proses yang bermuara pada penguatan Karakter Profil Pelajara Pancasila.

Yuk mari sukseskan Pelaksanaan P5!





















Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...