Rabu, 27 September 2023

MELAKUKAN PRATIK

IDENTIFIKASI REFLEKSI DAN BENAHI TERHADAP 
RAPOR 2023 SMP PASUNDAN 1 BANDUNG 
 


Awalnya mencari data sebagai pijakan menyusun Program perlu ada kegiatan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) tolok ukur perbaikan pada tahun berikutnya. Hal lainnya adalah hasil Ujian Sekolah dan lain sebagainya untuk mutu lulusan Satuan Pendidikan. 

Sekarang pemerintah telah meluncurkan kanal Rapor Pendidikan Indonesia. Kanal ini sebagai acuan hasil Asesmen Nasional yang menggantikan Ujian Nasional dan data Sektor bagi setiap Sekolah dan Pemerintah Daerah. 

Rapor Pendidikan SMP Pasundan 1 Bandung diharapkan dapat menyelesaikan kualitas pendidikan di instansi yang diselesaikan melalui penyajian data yang terpusat sebagai sumber utama dan sumber dasar dalam menganalisis, merencanakan dan menindaklanjuti peningkatan Mutu Pendidikan di  SMP Pasundan 1 Bandung.

Tabel Persebaran Capaian Kompetensi Literasi


Persebaran Peserta didik berdasarkan Level Kemampuan Literasi
  1. 34% Mahir
  2. 58% Cakap
  3. 8% Mendasar
  4. 0% Perlu Intervensi

Tabel Persebaran Capaian Kompetensi Numerasi



Persebaran Peserta didik berdasarkan Level Kemampuan Numerasi:
  1. 29% Mahir
  2. 39% Cakap
  3. 27% Mendasar
  4. 4% Perlu Intervensi
Capaian Karakter

Kecenderungan peserta didik dalam bersikap dan berprilaku berdasarkan nilai-nilai pelajar Pancasila yang mencakup beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Gotong Royong, Kreativitas, Nalar Kritis, Kebinekaan Global, serta Kemandirian adalah Baik.

Baik artinya Peserta didik terbiasa menerapkan nilai-nilai karakter pelajar pancasila yang berakhlak mulia, bergotong royong, mandiri, kreatif dan bernalar kritis serta berkebinekaan global dalam kehidupan sehari hari. Skor Capaian Karakter tahun ini 57,07, turun  5,39% dari tahun 2022 (skor 60,32).
SMP Paundan 1 Bandung mencoba untuk menentukan prioritas masalah dan akar masalah yang ingin ditindaklanjuti secara mandiri.Untuk Kegiatan Numerasi.

Saya baru Mengidentifikasi  secara pribadi pada tiga capain, yakni Literasi, Numerasi dan Karakter.
  1. Indikator layanan yang memperoleh capaian yang sangat Baik adalah Literasi membaca Teks Sastra 78,18 tetapi mengalami penurun
  2.  dari tahun sebelumnya sebesar 0.5%
  3. Indikator layanan yang memperoleh capaian yang masih rendah adalah Numerasi terutama pada Bilangan 57,74 dan mengalami penurunandari tahun sebelumnya  sebesar 3,02%.
  4. yang sangat kelihatan menurun yakni  Skor Capaian Karakter tahun ini 57,07, turun  5,39% dari tahun 2022 (skor 60,32)
  5. Hal  yang telah dilakukan Satuan Pendidikan berdasarkan Rapot yang telah dilihat

Foto Kegiatan Identifikasi Refleksi dan Benahi terhadap 
Rapor 2023 SMP Pasundan 1 Bandung 


Saya mencoba merefleksi secara pribadi dari Akar Masalah indikator yang mempengaruhi capaian indikator prioritas Kompetensi pada domain Bilangan, dan Karakter.

Dari akar masalah tersebut secara pribadi saya memulai menginisiasi untuk membenahi dalam peningkatkan kompetensi dengan menggali secara mandiri lewat PMM dan mencoba menggali regulasi dan kebijakan yang menunjang pengelolaan Kelas.

Peningkatan kompetensi GTK dan kebijakan yang menunjang kemampuan numerasi pada domain Bilangan

Satuan Pendidikan meningkatkan kompetensi Guru  dengan mempelajari konten terkait Profil Pelajar Pancasila untuk dimensi Kemandirian

Satuan Pendidikan melalui guru menunjukkan sikap penerimaan dan penghargaan terhadap keragaman karakter, latar belakang, dan kondisi murid dalam proses pembelajaran dan di Sekolah.

Setelah saya menginisiasi Kegiatan mengidentifikasi, merefleksi dan menginisiasi untuk membenahi Rapor Pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan SMP Pasundan 1 Bandung. 

Beberapa guru mengadakan kegiatan serupa terutama setelah ada ajakan dari saya yang mengawali kegiatan mengidentifikasi, merefleksi dan menginisiasi untuk membenahi Rapor Pendidikan.

Bukti Umpan Balik Umpan Balik 
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Hj Dini Fitrohoerani S.Sos, M.Pd


Bukti Umpan Balik Umpan Balik 
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
R. Anna Susiana, S.Pd


Bukti Umpan Balik Umpan Balik 
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Nia Yuniati, M.Pd


Bukti Umpan Balik Umpan Balik 
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Ilhsm Rusady, S.Pd



Bukti Umpan Balik Umpan Balik 
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Agnesa M.Pd



Bukti Umpan Balik Umpan Balik 
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Edah Jubaedah, S.Pd


Bukti Umpan Balik Umpan Balik 
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Sriwaty Makarao


Kegiatan mengidentifikasi, merefleksi dan menginisiasi untuk membenahi Rapor Pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan SMP Pasundan 1 Bandung Khususnya dan di Lingkungan yang lebih luas lagi. Aamiin.

Teruslan Berkarya untuk memperbaiki Mutu Pendidikan di Sekolah Kita. Salam Sehat tetap Semangat Ibu Bapa Guru!










Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...