Computation Thinking Skills ( CTS) dan HOTS dalam Pembelajaran
Resume Webinear JFT 2021 yang diselenggarakan oleh LPMP Provinsi Jawa Barat
Kamis, 18 Februari 2021
Oleh Ati Rohaeti
Kamis 18 Februari 2021 dengan tema Computation Thinking Skills ( CTS) dan HOTS dalam Pembelajaran Narsum: Dr. Rina Mutaqinah, M.Pd Widyaiswara Ahli Muda dan di pandu oleh Moderator: Dini Irawati, M.Pd. Webinear JFT 2021 yang diselenggarakan oleh LPMP Provinsi Jawa Barat, melalui Youtobe
Tema ini mengingatkan kegiatan di sekolah SMP Pasundan 1 Kota Bandung disaat mengikuti kegiatan Bebras.Tahun 2018
Apa sih Computational Thinking Skills dan HOTs? Siapa yang mengembangkan CTs ?
Computation Thinking Skills ( CTS) Awalnya istilah Computational Thinking atau Berpikir/Pemikiran Komputasi dipelopori oleh Seymour Papert (1980) dalam bukunya yang berjudul “Mindstorm”
Papert berfokus pada dua aspek komputasi: 1) bagaimana menggunakan komputasi untuk menciptakan pengetahuan baru; 2) bagaimana menggunakan komputer untuk meningkatkan pemikiran dan perubahan pola akses ke pengetahuan.
Berikutnya Jeannette M. Wing membawa pendekatan yang dimodifikasi dan perhatian baru pada pemikiran komputasi atau Computational Thinking.
Wing (2006), "pemikiran komputasi melibatkan pemecahan masalah, merancang sistem, dan memahami perilaku manusia, dengan menggambar diatas konsep-konsep dasar ilmu computer. Penting menambahkan kompetensi baru ini pada kemampuan analitis setiap anak sebagai unsur penting dalam pembelajaran sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).
Wing (2011), “Berpikir komputasi adalah proses berpikir yang terlibat dalam merumuskan masalah dan solusinya sehingga solusi tersebut direpresentasikan dalam bentuk yang dapat dilakukan secara efektif oleh agen pemrosesan informasi.”
Aho (2012) menyederhanakan ini lebih jauh dengan mendefinisikan CT sebagai proses berpikir yang terlibat dalam merumuskan masalah sehingga "solusi mereka dapat direpresentasikan sebagai langkah komputasi dan algoritme"
Royal Society (2012): “Berpikir komputasi adalah proses mengenali aspek komputasi di dunia yang mengelilingi kita, dan menerapkan alat dan teknik dari Ilmu Komputer untuk memahami dan alasan tentang sistem dan proses alami dan buatan "
Computational Thinking (CT) adalah sebua kemampuan berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara menyeluruh, logis, dan teratur.
Berpikir komputasi adalah teknik pemecahan masalah yang sangat luas wilayah penerapannya, bukan hanya untuk menyelesaikan masalah seputar ilmu komputer saja, tetapi menyelesaikan berbagai masalah di dalam kehidupan sehari-hari.
Apa aspek-aspek dalan Computational Thinking
1. ALGORITHM/ ALGORITMA
Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step-by-step secara berurutan,
2. DECOMPOSITION/DEKOMPOSIS
Memecah suatu masalah yang komplek menjadi masalah-masalah yang kecil untuk diselesaikan
Merinci masalah, data dan proses
Contoh Masalah:
Bagaimana membuat sarapan:
Sumber: dictio.id
1) Roti
2) Teh Susu
Teknik mind mapping sangat cocok melatih siswa berpikir computational
3. PARTERN RECOGNIZATION/ PENGENALAN POLA
Mengenal pola kerja suatu solusi, sehingga dapat menggunakan pola tsb pada masalah yg berbeda
4. ABSTRACTION/ ABSTRAKSI
Melakukan generalisasi dan mengidentifikasi prinsip-prinsip umum yang menghasilkan pola, tren dan keteraturan tersebut
Lalu apa yang membedakan antara CTS dan HOTS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar