Kamis, 01 Februari 2024

PASANG TARGET (PAHAMI)

 RENCANA KERJA TAHUNAN 
UNTUK DIREALISASIKAN DI BULAN JUNI 2024

Presatsi kerja direncanakan di bulan Januari. Untuk melihat apakah ada peningkatan atau sebaliknya ada penurunan, maka diperlukan sebuah instrumen dan rubrik penilaian. Kali ini PMM hadir untuk menjembatani anatara Target Rencna, proses, dan reflefsi serta tindaklanjut yang akhirnya adalah penilaian dan penentuan Predikat Kerja Guru. 

Alur Pengelolaan Kerja, dimulai bulan Januari 2024 Perencanaan guru dan persetujuan atasan, bulan  Februari mulai persiapan observasi kelas, sedangkan pelaksanaan observasi kelas dan diskusi tindak lanjut dilaksanakan pada bulan Maret. Pelaksanaan tindak lanjut dengan pemantauan atasan bulan April Mei, dan terakhir adalah Refleksi, penilaian, dan penentuan predikat kerja Guru. 

Adapun untuk perencanaan  Kerja Januari sampai Juni sudah selesai.

Lalu apa saja pengembangan kompetensi yang direncanakan diawal? Saya mulai membuat perencanan pengembangan kompetensi hanya dua jenis, yakni: Pertama, Meningkatkan kompetensi melalui peran sebagai Peserta Pelatihan Mandiri sesuai model kompetensi Guru, Kepala Sekolah, dan atau Pengawas Sekolah dengan target 4 sertifikat, setiap sertifikat berscor  8 poin. Kedua,  Meningkatkan kompetensi melaui peran sebagai partisipan observasi praktik pembelajaran (persiapan, pelaksanaan, dan diskusi tindak lanjut) bersama rekan sejawat, (2 Dokumen). Setiap dokumen bersecor 8 poin. 

Kemudian ada tugas tambahan, kebetulan saya bertugas sebagai Guru Piket. Sebagai Guru piket tugas nya adalah meningkatkan kinerja satuan pendidikan melalui pelaksanaan tugas tambahan sebagai guru Piket.

Selama enam bulan ada Indikator prilaku yang akan diperhatikan dan dipantau , antara lain:

Orientasi Pelayanan " Bersipat ramah kepada peserta didik dan orang tua tanpa membeda-bedakan, cekatan dalam bekerja, solutif dalam mengatasi permasalahan, dan dapat diandalkan oleh peserta didik, orang tua, maupun rekan teman sejawat". Prilaku yang diharapkan muncul Mengucapkan salam dan sapa dengan sikap ramah.

Akuntabel" Melakukan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi". Prilaku yang diharapkan muncul memenuhi janji dan komitmen terkait dengan pekerjaan.

Kompeten " Menunjukkan penguasaan yang memdai dalam melaksanakan kerja". Prilaku yang diharapkan muncul. Menunjukkan kompetensi dalam bekerja sehingga menjadi teladan bagi rekan sejawat.

Hrmonis " Menghargai setiap warga satuan pendidikan apapun latar belakangnya". Prilaku yang diharapkan muncul berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang, kedudukan, jabatan, latar belakang, suku,agama, ras dan gender.

Loyal " Menjaga nama baik satuan Pendidikan, sesama guru, dan peserta didik dimanapun berada. Prilaku yang diharapkan muncul bersikap dan berprilaku yang melindungi nama baik serta citra satuan Pendidikan.

Adaptif  " Menyesuaikan diri secara cepat dalam menghadapu dinamika pembelajaran di kelas. Prilaku yang diharapkan muncul menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja.

Kolaoratif " Bekerja sama secara terbuka dalam menghasilkan dampak pembelajaran yang merata bagi peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat atau dunia kerja. Prilaku yang diharapkan muncul  bersinergi denga peserta didik, rekan sejawat atau dunia kerja.

Mulai Februari mempersiapkan observasi kelas, Persiapannya  adalah: 




Lalu apa yang mesti dipersiapkan? Untuk pelatihan mandiri, saya pasang target 4 pelatihan mandiri, sebenarnya bisa lebih karena di bulan januari 2024 sudah menyelesaikan 5 topik, yakni:
  1. Perenanaan Berbasis Data di Satuan Pendidikan
  2. Numerasi Ide-Ide Praktis Pembelajaran (Kemitraan dengan Inovasi)
  3. Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan : Kenali
  4. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  SMP/Paket B
  5. Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan : Pahami tahap Siap (Part 1)
Tugas tambahan, saya pasang target tugas tambahannya adalah piket, adapun realisasi yang perlu di unggah di PMM cukup laoran pelaksanaan Tugas piket dan Unggah SK.



Observasi Praktik Kerja meliputi dua indikator, yakni:


Indikator ke -2, yakni:


Untuk tugas tambahan seperti di bawah ini:






 


Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...