Kamis, 07 Desember 2023

BERBAGI PRAKTIK BAIK

 REFLEKSI MANDIRI KESIAPAN PENDIDIK
 DALAM MENYUSUN KOS SMP PASUNDAN 1 BANDUNG


Saya selaku pendidik dengan tugas tambahan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mulai mempersiapkan diri mempelajari regulasi baru untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (IKM). Implementasi perubahan kebijakan pendidikan, termasuk kurikulum, adalah suatu proses pembelajaran yang panjang sehingga Pemerintah memberikan kesempatan kepada pendidik dan satuan pendidikan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing. Seperti halnya peserta didik belajar sesuai dengan tahap kesiapan belajar mereka, pendidik dan satuan pendidikan juga perlu belajar mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing, dan berangsur-angsur semakin mahir dalam menggunakannya.

Langkah awal yang dipersiapkan adalah merefleksi sejauh mana kesiapan saya dan rekan guru lainnya dalam mempersiapkan penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan.






Langkah yang harus dilakukan oleh Pendidik dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan Panduan, yakni:
  1. Perancangan kurikulum operasional satuan Pendidikan
  2. Perancangan alur tujuan pembelajaran.
  3. Perencanaan pembelajaran dan asesmen
  4. Penggunaan dan pengembangan perangkat ajar.
  5. Perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
  6. Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila. 
Tahap Awal Perancangan kurikulum operasional satuan Pendidikan adalah dengan cara Membuat penyesuaian kecil terhadap contoh dokumen kurikulum operasional satuan pendidikan yang disediakan oleh Kemendikbudristek. 

Tahap selanjutnya adalah tahap berkembang Dimana pendidik dalam melaksanakan perancangan Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan berdasar contoh dokumen kurikulum yang disediakan oleh Kemendikbudristek dengan cara memodifikasi bagian pengorganisasian dan perencanaan pembelajaran sesuai kondisi satuan pendidikan, tanpa didasarkan pada refleksi terhadap hasil analisis karakteristik satuan pendidikannya.

Tahap Siap Perancangan kurikulum operasional satuan Pendidikan adalah dengan cara Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan berdasarkan contoh dari Kemendikbudristek dengan cara memodifikasi pengorganisasian dan perencanaan pembelajaran berdasarkan analisis dan refleksi terhadap kondisi, sarana prasarana dan tenaga pendidik serta kependidikan di satuan Pendidikan dengan melibatkan perwakilan siswa, orang tua atau Masyarakat.

Terakhir Tahap Mahir Perancangan kurikulum operasional satuan Pendidikan dengan cara Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan berdasarkan kontektual dan sesuai dengan aspirasi warga satuan pendidikan serta hasil analisis dan refleksi diri satuan Pendidikan.

Untuk refleksi mandiri kesiapan guru dalam menyusun Kurikulum Satuan Pendidikan di SMP Pasundan 1 Bandung, langkah awal menggunakan contoh dokumen kurikulum oprasional satuan pendidikan yang disediakan oleh kemendikbudristek dengan membuat penyesuaiuan kecil.

Fhoto Bapak Ketua YPDM Pasundan
 Kepala Sekolah dan Bapak dan Kabid P3TK 
Saat memberi Materi Woorkshop Persiapan IKM

Fhoto BapakPengawas Pembina dan Wakakur 
Saat memberi Materi Woorkshop Persiapan IKM

Fhoto Bapak dan Ibu Guru 
Saat KegiatanWoorkshop Persiapan IKM

Fhoto Bapak dan Ibu Guru 
Saat KegiatanWoorkshop Persiapan IKM


Saya Selaku Guru Pendidikan Pancasila dan tugas Tambahan Wakakur  menginisiasi untuk melihat kesiapan Bapak dan Ibu Guru, dan alhamdulillah respon dari sekolah langsung disambut dengan adanya kegiatan Woorkshop yang dihadiri langsung oleh Bapa Kepala Bidang P3 TK , Bapa Ketua Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah (YPDM) Pasundan, Bapa Pengawas Pembina dan Tentunya sebagai Penanggung Jawab kegiatan adalah Bapak Kepala Sekolah.


Video Kegiatan Woorkshop Persiapan IKM
di SMP Pasundan 1 Bandung

Umpan balik guru-guru dalam kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Penyususnan Adaministrasi Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Pasundan 1 Bandung. 
 





Saya merasakan sesuatu kecerian yang dilaksanakan guru-guru dalam melaksankan atau mempersiapkan kesiapan implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Pasundan 1 Bandung.














Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...