MENERAPKAN IDE-IDE PRAKTIS PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
DALAM PERMAINAN
Permasalahan di awal pembelajaran siswa
merasa kurang tertarik dengan tonggak Sejarah, membahas materi ajar yang
menghapal tahun, Pasal-pasal yang berkaitan dengan numerasi. Hal ini dapat
terlihat jelas pada pelajaran PPKn
terutaman pada Kompetensi Dinamika Pelaksanaan Pancasila dan Amandemen
UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu Rapor Pendidikan SMP
Pasundan 1 Bahwa Numerasi adalah permasalahan yang serius ber warna Orens dan
berangka Scor 68,63 mengalami penurunan 0,8% dibanding tahun sebelumnya 68,89.
Tabel Persebaran Capaian Kompetensi
Numerasi
Persebaran Peserta didik berdasarkan Level Kemampuan Numerasi:
- 29% Mahir
- 39% Cakap
- 27% Mendasar
- 4% Perlu
Intervensi
Dari
permasalahan tersebut saya mencoba menerapkan berbagai model permainan. Adapun
permainan itu adalah, Permainan Amandemen Numerasi dilaksanakan di kelas 9 E
SMP Pasundan 1 Bandung pada Kompetensi Pelaksanaan UUD Negara Republik Indonesia
Tahun 1945, dalam bahasan ini siswa kelas 9 E yang berjumlah 32 dikelompokkan ke dalam 4 kelompok besar dengan
cara menghitung dimulai dari baris terdepan 1 A,B,C,D,E,F,G,H. Baris ke2 dengan
2 A,B,C,D,E,F,G,H, . Baris ke-3 dengan 2
A,B,C,D,E,F,G,H dan . Baris ke2 dengan 4 A,B,C,D,E,F,G,H maka jadilah formasi
seperti di bawah ini:
Denah Tempat Dududk Kls 9E
Setelah formasi tempat duduk disepakati bersama, mulai siswa kelas 9 E diajak pada konsentrasi dengan beberapa pertanyaan pemantik dan langsung pada siswa berdasar denah tempat duduk. Pertanyaan pemantiknya seperti berikut ini
- Pasal 7 UUD RI Tahun 1945 Amandemen
ke....? Coba
(4 H)
- Isi Pasal 7 Sebelum Amandemen Apa? Coba Jelaskan (3C)
- Isi Pasal 7 Setelah Amandemen Apa? Coba Jelaskan (2E)
- Pasal 28 UUD RI Tahun 1945 Amandemen
ke....? Coba
(1A)
- Isi Pasal 28 Sebelum Amandemen Apa? Coba Jelaskan (4F)
- Isi Pasal 28 Setelah Amandemen Apa? Coba Jelaskan (3G)
- Pasal 1 UUD RI Tahun 1945 Amandemen
ke....? Coba
(2C)
- Isi Pasal 1 Sebelum Amandemen Apa? Coba Jelaskan (2H)
- Isi Pasal 1 Setelah Amandemen Apa? Coba Jelaskan (1D)
1. Jadwal pelaksanaan pada hari Selasa, 21 November 2023 Jam pelajaran ke-2 dimana saya mengajar. Durasi hanya sekitar 20 menit di laksanakan diawal pembelajaran.
Akan tetapi setelah pelaksanaan permainan Amandremen Numerasi,
siswa mulai fokus dan konsentrasi, mulai paham dengan tujuan penunjukan denas/
formasi duduk. Membuka-buka buku yang berkaitan dengan
Amandemen UUD Negara RI Tahun 1945 dan lebih bersemangat dalam belajar.
Yang sangat menarik siswa mulai loncat mempelajari bahan-bahan yang masih perlu waktu dalam pembahan yang lebih mendalam.
Fhoto Kegiatan Saat Permainan Amandemen
Numerasi
Selasa, 21 November 2023
Sekian mudah-mudahan Pembelajaran kali ini bisa menginpirasi teman-teman
guru lainnya untuk lebih mengembangkan ide-ide Baik dalam pembelajaran, sehingga
pembelajaran lebih bermakna dan berpihak pada kebutuhan murid kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar