Jumat, 01 Desember 2023

BERBAGI PRAKTIK BAIK

 MENERAPKAN IDE-IDE PRAKTIS PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PERMAINAN

Permasalahan di awal pembelajaran siswa merasa kurang tertarik dengan tonggak Sejarah, membahas materi ajar yang menghapal tahun, Pasal-pasal yang berkaitan dengan numerasi. Hal ini dapat terlihat jelas pada pelajaran PPKn  terutaman pada Kompetensi Dinamika Pelaksanaan Pancasila dan Amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu Rapor Pendidikan SMP Pasundan 1 Bahwa Numerasi adalah permasalahan yang serius ber warna Orens dan berangka Scor 68,63 mengalami penurunan 0,8% dibanding tahun sebelumnya 68,89.

Tabel Persebaran Capaian Kompetensi Numerasi


 Persebaran Peserta didik berdasarkan Level Kemampuan Numerasi:

  1. 29% Mahir
  2. 39% Cakap
  3. 27% Mendasar
  4. 4% Perlu Intervensi

Dari permasalahan tersebut saya mencoba menerapkan berbagai model permainan. Adapun permainan itu adalah, Permainan Amandemen Numerasi dilaksanakan di kelas 9 E SMP Pasundan 1 Bandung pada Kompetensi  Pelaksanaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam bahasan ini siswa kelas 9 E yang berjumlah 32  dikelompokkan ke dalam 4 kelompok besar dengan cara menghitung dimulai dari baris terdepan 1 A,B,C,D,E,F,G,H. Baris ke2 dengan 2 A,B,C,D,E,F,G,H, . Baris ke-3  dengan 2 A,B,C,D,E,F,G,H dan . Baris ke2 dengan 4 A,B,C,D,E,F,G,H maka jadilah formasi seperti di bawah ini: 

Denah Tempat Dududk Kls 9E


Setelah formasi tempat duduk disepakati bersama, mulai siswa kelas 9 E diajak pada konsentrasi dengan beberapa pertanyaan pemantik dan langsung pada siswa berdasar denah tempat duduk. Pertanyaan pemantiknya seperti berikut ini

  1. Pasal 7 UUD RI Tahun 1945 Amandemen ke....?   Coba (4 H)
  2. Isi Pasal 7 Sebelum Amandemen Apa? Coba Jelaskan (3C)
  3. Isi Pasal 7 Setelah Amandemen Apa? Coba Jelaskan (2E)
  4. Pasal 28 UUD RI Tahun 1945 Amandemen ke....?   Coba (1A)
  5. Isi Pasal 28 Sebelum Amandemen Apa? Coba Jelaskan (4F)
  6. Isi Pasal 28 Setelah Amandemen Apa? Coba Jelaskan (3G)
  7. Pasal 1 UUD RI Tahun 1945 Amandemen ke....?   Coba (2C)
  8. Isi Pasal 1 Sebelum Amandemen Apa? Coba Jelaskan (2H)
  9. Isi Pasal 1 Setelah Amandemen Apa? Coba Jelaskan (1D)

1.   Jadwal pelaksanaan pada hari Selasa, 21 November 2023 Jam pelajaran ke-2 dimana saya mengajar. Durasi hanya sekitar 20 menit di laksanakan diawal pembelajaran.

Siswa kelas 9 E awalnya kurang paham dengan denah atau formasi tempat duduk. Kurang paham dengan pola penunjukkan pertanyaan. Dan kurang focus selama pembelajaran.

Akan tetapi setelah pelaksanaan permainan Amandremen Numerasi, siswa mulai fokus dan konsentrasi, mulai paham dengan tujuan penunjukan denas/ formasi duduk. Membuka-buka buku yang berkaitan dengan Amandemen UUD Negara RI Tahun 1945 dan lebih bersemangat dalam belajar.

Yang sangat menarik siswa mulai loncat mempelajari bahan-bahan yang masih perlu waktu dalam pembahan yang lebih mendalam.

Fhoto Kegiatan Saat Permainan Amandemen Numerasi
Selasa, 21 November 2023


 Untuk melihat tanggapan Siswa kelas 9E setelah Permainan Amandemen Numerasi, mari kita lihat Umpan Balik di bawah ini:







Sekian mudah-mudahan Pembelajaran kali ini bisa menginpirasi teman-teman guru lainnya untuk lebih mengembangkan ide-ide Baik dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran lebih bermakna dan berpihak pada kebutuhan murid kita.













Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...