Profil Pendidikan merupakan laporan
komprehensif terkait dengan layanan pendidikan sebagai hasil evaluasi sistim
pendidikan yang digunakan sebagai landasan untuk meningkatkan kualitas layanan
pendidikan dan penetapan rapor Pendidikan. Adapun sumber data profil Pendidikan
berasal dari Asesmen Nasional , Survei Karakter dan survei Lingkungan Belajar, Data
Pokok Pendidik (Dapodik), Plafform Digital Guru dan Kepala Sekolah.
Melalui rapor pendidikan diharapkan
dapat menyelesaikan tantangan kualitas pendidikan. Yang diselesaikan melalui
penyajian data yang terpusat dan merupakan sumber utama dalam menganalisis,
merencanakan peningkatan mutu pendidikan.
Setelah menganalisis rapor Pendidikan
SMP Pasundan 1 Bandung.Khususnya indikator prioritas. Maka hasil refleksi saya
secara Pribadi adalah
Indikator yang memperoleh
layanan yang cukup baik adalah. Literasi yakni 92% dengan Persebaran Peserta didik berdasarkan Level Kemampuan
Literasi
- 34% Mahir
- 58% Cakap
- 8% Mendasar
- 0% Perlu
Intervensi
Indikator yang memperoleh layanan yang belum
baik adalah Numerasi 68% dengan Persebaran Peserta didik berdasarkan Level Kemampuan
Numerasi:
- 29% Mahir
- 39% Cakap
- 27% Mendasar
- 4% Perlu
Intervensi
Capaian Karakter
- Indikator layanan yang memperoleh capaian yang sangat Baik adalah Literasi membaca Teks Sastra 78,18 tetapi mengalami penuru dari tahun sebelumnya sebesar 0.5%
- Indikator layanan yang memperoleh capaian yang masih rendah adalah Numerasi terutama pada Bilangan 57,74 dan mengalami penurunandari tahun sebelumnya sebesar 3,02%.
- yang sangat kelihatan menurun yakni Skor Capaian Karakter tahun ini 57,07, turun 5,39% dari tahun 2022 (skor 60,32)
- Hal yang telah dilakukan Satuan Pendidikan berdasarkan Rapot yang telah direfleksi adalah mencoba membenahi dengan melakukan:
- Satuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten pengembangan diri untuk memahami bilangan, aljabar, geometri, data, dan ketidakpastian di Platform Merdeka Mengajar.Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan pembelajaran tentang teks informasi yang berkaitan erat dengan kemampuan literasi siswa secara keseluruhan.
- Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait penguatan literasi
- Satuan Pendidikan meningkatkan kompetensi GTK dengan mempelajari konten terkait Profil Pelajar Pancasila untuk dimensi Kemandirian
- Satuan Pendidikan melalui GTK mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimensi Kemandirian dalam pembelajaran
- Satuan Pendidikan memfasilitasi adanya kebijakan dan penganggaran terkait pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Satuan Pendidikan meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah dan guru yang terlibat dalam manajemen sekolah dengan mempelajari konten terkait perumusan, penyampaian dan penerapan visi-misi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Foto dalam Kegiatan Refleksi Rapor
Pendidikan
SMP Pasundan 1 Bandung
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Hj Dini Fitrohoerani S.Sos, M.Pd
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
R. Anna Susiana, S.Pd
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Nia Yuniati, M.Pd
Bukti Umpan Balik Umpan Balik
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Ilhsm Rusady, S.Pd
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Agnesa M.Pd
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Edah Jubaedah, S.Pd
dalam kegiatan Melakukan Refleksi Rapor Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar