Selasa, 21 Februari 2023

PROGRES VALIDASI PMM

 

DINANTI  GURU 
YANG SUDAH BERAKSI NYATA


Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri tentunya terlaksana dengan baik sesuai harapan manakala ditunjang dengan Kesiapan pendidik dan satuan pendidikan, oleh karena itu tahapan implementasi dirancang agar setiap pendidik dapat dengan percaya diri mencoba mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Kepercayaan diri yang dimaksud merupakan keyakinan bahwa pendidik dapat terus belajar dan mengembangkan kemampuan dirinya untuk melakukan yang terbaik dalam mengimplementasikan kurikulum, dan yang lebih penting lagi, dalam mendidik. Kemampuan untuk terus belajar merupakan modal penting bagi pendidik. Tahapan ini dikembangkan sebagai langkah atau proses belajar untuk melakukan perubahan atas praktik pembelajaran dan asesmen yang perlu dilakukan pendidik saat mereka menggunakan Kurikulum Merdeka.

Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan Platform edukasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pendidik sebagai sarana untuk pembelajaran. Fitur-fitur yang sangat menarik salah satunya adalah Pelatihan Mandiri. PMM hadir Untuk memupuk Rasa Percaya diri Pendidik,  dengan PMM guru dapat mengembangkan diri, belajar Mandiri. Sampai saat ini Agustus  2023 terdapat 40 Topik dan tiap topik terdiri dari beberapa Modul, yang tersebar di 136  Modul

Berikut adalah topik-topik Belajar Mandiri yang terdapat dalam PMM:

  1. Kurikulum merdeka:
  2. Merdeka belajar:                       
  3. Perencanaan pembelajaran SMP/paket B.:                 
  4. Asesmen SMP /SMK /paket B-C:
  5. Kriteria  Ketercapaian Tujuan Pembelajaran ,
  6. Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila
  7. Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila SLB
  8. Diferensiasi dalam Pembelajaran (SMP-SMA/Paket B-C)
  9. Profil pelajar Pancasila
  10. Perencanaan Berbasis Dara di Satuan Pendidikan
  11. Rapor pendidikan Sebagai Sumber Data Perencanaan
  12. Perencanaan Berbasis Data Identifikasi-Refleksi dan Benahi
  13. Refleksi diri
  14. Disiplin positif
  15. Bimbingan Konseling,  dan layanan Dasar             
  16. Bimbingan  dan Konseling : Layanan Peminatan dan Responsif
  17. Iklim SEkolah Aman Mencegah Perundungan
  18. Iklim Sekolah Aman Mencegah Kekerasan Seksual
  19. Iklim Sekolah Aman Mencegah Intolerasi
  20. Supervisi Akademis
  21. Fasilitator Pembelajaran
  22. Wawasan Kebhinekaan Global (SMP) Kemitraan dengan PUSPEKA
  23. Pendidikan Ketrampilan Hidup (PKH) SMP Kemitraan dengan UNICEP
  24. Pendidikan Inklusif Kemitraan dengan UNICEP
  25. Pengelolaan Kesehatan Mentruasi SMP  Kemitraan dengan UNICEP
  26. Gizi Remaja SMP Kemitraan dengan UNICEP
  27. Komitas Praktisi
  28. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Contoh Praktik
  29. Toals online untuk pembelajaran Aktif (Kemitraan dengan Inovasi)
  30. Numerasi: Meningkatkan Kopetensi Murid
  31. Literasi: Meningkatkan Kopetensi Murid
  32. Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan : Pahami Tahap Mahir (Part 1)
  33. Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan : Pahami Tahap Siap (Part 1)
  34. Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan : Pahami Tahap Berkembang (Part 1)
  35. Kurikulum Oprasional Satuan Pendidikan : Pahami Tahap Awal (Part 1)
  36. Tahap Perkembangan Peserta Didik Jenjang SMA/K (Usia 15-18 Tahun)
  37. Tahap Perkembangan Pesertadidik Jenjang SMP (12-15 Tahun)
  38. Numerasi: Ide-Ide Praktis Pembelajaran (Kemitraan dengan Inovasi)
  39. kurikulum operasional satuan pendidikan: Kenali
  40. Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka (Kemitraan dengan HP Indonesia dan V&V Communications)

Ada beberapa tahapan dalam pengerjaan PMM belajar Mandiri seperti Nonton Video, Latihan, refleksi dan pengisian Post test tiap Modul bahkan tuntutan lainnya adalah melakukan Aksi Nyata. 

Ada sesuatu yang menggelitik terkait dengan Aksi Nyata PMM. Saya coba tanya sana sini terutama bertanya langsung dengan Guru Penggerak. Jawabannya adalah coba pakai strategi STAR.

Apa itu STAR (Situation Task  Result)

  1. Situation (Situasi) atau Task (Tugas) yang pernah dihadapi saat menyelesaikan PPM salah satu topik.
  2. Action (Tindakan) yang dilakukan Guru, sebagai aksi dari penguasaan topik
  3. Result (Hasil) dari tindakan umpan Balik.
Dengan STAR saya langsung mendapatkan  tiga Sertifikat, yakni Topik Merdek Mengajar, Merdeka Belajar dan Topik Profil Pelajar Pancasila.












Mari kita coba dengan STAR (Situation Task  Result), Optimis mudah-mudahan Validasi Aksi Nyata bisa membuahkan hasil,  tembus mendapatkan validasi/ Sertifikat. Aamiin.



Ada beberapa penawaran bagi yang telah beraksi bisa daftar menjadi Narasumber  Barbagi Praktik Baik dari Kementrian. 

Yuuk mari kita tergerak, bergerak dan menggerakan guru-guru minimal di lingkungan sekolah masing-masing!



Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...