Jumat, 17 Februari 2023

PERINGATAN HARI PRAMUKA

  DIISI DENGAN ANGKLUNG
SMP PASUNDAN 1 BANDUNG

Photo Kegiatan Angklung SMP Pasundan 1 Bandung
Saat Mengisi Acara Hari Pramuka di Kota Bandung

Pendidikan Kepramukaan dipersekolahan dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketuhanan, kebudayaan,   kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik.


Pokok-pokok moral dari Penjabaran Sila-sila Pancasila tersebut dituangkan dalam UU RI No. 12 Tahun 2010 pasal 6 ayat 5 yakni:

  1. Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa,
  2. Cinta Alam dan kasih sayang sesame manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan Suka Bermusyawarah
  5. Rela Menolong dan Tabah
  6. Rajin, Trampil dan Bergembira
  7. Hemat, Cermat dan Bersahaja
  8. Disiplin, Berani, dan Setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Bicara Angklung adalah suatu kegiatan seni yang sama seperti Pendidikan Pramuka yakni Moral Pancasila yang menjadi endingnya. yakni: Disiplin, bersahabat, Tanggung Jawab, Peduli Sosial,  dan Cinta Tanah Air.

Nada angklung yang berbeda-beda manakala dimainkan secara bersamaan akan membentuk harmonisasi yang indah. Dari hal tersebut karakter terbentuk: memainkan angklung diperlukan konsentrasi yang tinggi, menggunakan olah rasa, dituntut disiplin dalam mengikuti arahan konduktor dan mempelajari dengan konsetrasi pennuh. Selaain itu angklung dapat membentuk individu-individu yang lebih percaya diri, menguatkan kerja tim, serta menyelaraskan hak dan kewajiban untuk menjadikan nada yang indah.

Video Kegiatan Angklung SMP Pasundan 1 Bandung 
Saat Mengisi Acara Hari Pramuka di Kota Bandung


Angklung dan Pendidikan Pramuka adalah kedua kegiatan yang sama membentuk Karakter Peserta didik. Bahkan Angklung di SMP Pasundan 1 Bandung merpakan Kegiatan ektrakurikuler yang banyak dipilih oleh siswa siswi SMP Pasundan 1 Bandung.

Angklung sering mendaptkan kejuaraan, sehingga siswa-siswi angklung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui jalur prestasi Non Akademik (Kejuaraan Angklung)

Melalui angklung siswa-siswi menjadi siswa yang berdisiplin, penurut, periang, kreatif bahkan bahkan tidak jarang prestasi akademikpun mereka peroleh.

Oleh karena itu dari tahun ke tahun banyak lulusan  yang terus menjalin kemitraan mengadakan latihan bersama di Sanggar Seni SMP Pasundan 1 Bandung.

Termasuk ada juga beberapa Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung yang ingin bergabung dalam melatih kemampuan main angklung dengan SMP Pasundan 1 Bandung.

Jejak rekan anak angklung SMP Pasundan1 Bandung dalam mempersiapkan tanding Kejuaaraan, nampak pada gambar dan Video di bawah:


Photo Anak Angklung saat mau Pentas


Video Anak Angklung Saat  Pentas


Angklung SMP Pasundan 1 Bandung
Saat Pentas dan mendapat Kejuaraan


Tunggu apa lagi Mari bergabung bersama SMP Pasundan 1 Bandung yang kaya dengan Program baik Akademik manupun non Akademik.

Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...