Kamis, 08 Agustus 2024

MANAJEMEN KEBERSIHAN MENSTRUASI



Banyak remaja yang merasa  malas ketika sedang mengalami mentruasi. Mentruasi dijadikan berbagai alasan untuk bermalas-malasan  bergerak, seperti malas berolah raga, malas untuk solat dan malas untuk melaksanakan ibadah puasa, semua beralasan sedang dapet bulan.

Terkadang menyaksikan anak remaja yang sakit saat mentruasi. Bisa dibayangkan setiap bulan sakit dan alhasil menjadi kondite yang kurang baik bagi perkembangan anak remaja.

Sering mengingatkan siswa di sekolah bahkan sering membuat Absensi tak kala melaksanakan Solat berjamah duhur, saya beri tanda bahwa anak tersebut sedang datang bulan di minggu itu, eh ternyata di minggu berikutnya masih beralasan mentruasi. Kebiasaan menambah-nambah durasi mentruasi tersebut membuat saya semakin termotivasi untuk memberikan Manajemen Kebersihan Mentruasi.

Selain itu ada sebagian  remaja yang percaya pada mitos-mitos seputar menstruasi yang sebenarnya merugikan anak perempuan. Informasi yang salah ini sering didapat dari keluarga terutama ibu. Mitos yang banyak berkembang diantaranya makan daging dan ikan ketika sedang menstruasi darahnya jadi bau, dan banyak kegiatan yang tidak boleh dilakukan ketika sedang menstruasi seperti tidak boleh keramas, tidak boleh potong kuku, dan lain-lain.

Kali ini saya akan mencoba memberikan pengarahan Manajemen Kebersihan Mentruasi. Dengan kegiatan ini diharapkan apa yang menjadi permasalahan Murid-murid bisa sedikit demi sedikit teratasi.

Kegiatan tersebut saya lasanakan sesuai dengan Program sekolah di setiap hari Jum,at. Yang mana laki-laki kegiatan solat Jumat berjemaah di Sekolah, sementara putrinya mendapatkan pengarahan seputar Keputrian, salah satunya saya sisipkan pada Materi Keistimewaan Perempuan dalam Manajemen Kebersihan Mentruasi.

Materi dikemas sedemikian menarik, selagi anak perempuan dipisah dengan anak laki-laki.

Sebenarnya membersihkan diri, termasuk mencuci rambut, saat menstruasi baik dilakukan karena membuat badan terasa segar dan melindungi tubuh dari bakteri dan bau. Dalam agama islam tidak ada larangan mandi dan cuci rambut selama menstruasi. Mitos dilarang memakan daging atau ikan ketika menstruasi sangat menyesatkan. Daging dan ikan mengandung banyak protein dan zat besi yang dibutuhkan perempuan untuk mengganti sel-sel darah merah yang hilang saat menstruasi.

Daftar Pemateri Kegiatan 

Pembiasaan di Hari Jumat di SMP Negeri 1 Bandung.




Paparan Materi sebagai berikut :
Pengerian Materi Mentruasi, Menstruasi adalah darah yang keluar dari vagina perempuan yang merupakan proses alami sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Setiap perempuan yang normal atau sehat akan mengalami menstruasi. Menstruasi pertama normalnya terjadi pada usia 11-14 tahun, akan tetapi sekarang cenderung lebih cepat, bisa terjadi pada usia 9 tahun.

Mentruasi menurut Fiqih Islam adalah   Menstruasi yang disebut dalam bahasa fiqih haid adalah darah kotor yang keluar dari rahim perempuan dalam kondisi sehat atau normal bukan karena sakit atau melahirkan. Ada jenis darah lain yang keluar dari rahim perempuan selain haid yaitu darah nifas dan darah istihadhah. Darah nifas adalah darah yang keluar dari rahim perempuan sehabis melahirkan, adapun darah istihadhah adalah darah yang keluar dari rahim perempuan karena siklus tidak normal penyakit yang waktu menstruasinya melewati 15 hari. 

Siklus menstruasi adalah siklus hormonal bulanan yang ditandai dengan menstruasi setiap bulan. Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama periode menstruasi berikutnya. Panjang rata-rata siklus menstruasi adalah 28 hari, tetapi siklus ini dapat bervariasi pada setiap perempuan mulai 21 sampai 35 hari. Saat menstruasi darah akan keluar dari vagina secara alami selama 2-7 hari. Darah yang keluar pun bisa sedikit atau banyak, tergantung dari hormon estrogen dan progesteron. Naik turunnya tingkat hormon ini turut mengontrol siklus menstruasi.

Remaja perempuan perlu mengetahui pola siklus menstruasinya agar lebih mudah untuk mengetahui kapan menstruasi berikutnya. Sehingga dapat mempersiapkan diri bila menstruasi tiba

Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.

Pada saat perempuan menstruasi, perlu menggunakan pembalut untuk menampung darah yang keluar dari vagina. Pembalut yang digunakan dapat berupa pembalut sekali pakai atau pembalut yang dapat dipakai ulang. Pembalut yang dijual di pasaran atau di toko-toko biasanya merupakan pembalut sekali pakai yang tidak dapat digunakan kembali dan harus dibuang setelah digunakan. Pembalut yang dapat dipakai ulang biasanya terbuat dari kain, bisa dicuci, dan dapat digunakan kembali. Pembalut harus

Pembalut harus diganti secara regular, maksimal sekali setiap 4 jam, walapun darah yang keluar hanya sedikit. Seringkali anak menunggu sampai darah penuh dalam pembalut atau sampai 6 jam atau lebih, hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran reproduksi, saluran kencing, dan iritasi kulit. Darah yang keluar ketika menstruasi mengandung bakteri yang dalam waktu 30 menit sudah duplikasi, sehingga dalam waktu 1-2 jam bakterinya sudah banyak. Ideal waktu ganti pembalut bila masih banyak darah yang keluar adalah pagi, tengah pagi, siang, tengah siang, sore, tengah sore dan malam. Jenis dan harga pembalut yang dipakai bukan menjadi pertimbangan karena yang penting frekuensi mengganti pembalut yang teratur. Remaja perlu menghindari penggunaan bahan-bahan sebagai pengganti pembalut

Cara membuang pembalut supaya tidak menularkan penyakit, harus dibungkus. Kalau pembalut banyak darahnya lebih baik dicuci dulu dengan air mengalir, baru dibungkus dan dibuang. Pada keadaan susah mendapatkan air pembalut boleh langsung dibungkus dan dibuang. Pada saat membuang pembalut harus dipisahkan dengan sampah rumah tangga. Pembalut mengandung plastik bagian luarnya sehingga tidak degradable/ tidak bisa hancur, jadi harus ada tempat pembuangan khusus dan diangkut oleh tukang sampah yang dikelola dengan resmi. Pada daerah yang tidak ada pembuangan sampah secara khusus misalnya di kampung atau di desa sampah pembalut bekas dapat dikumpulkan terlebih dahulu sebelum dibuang di tempat pembuangan akhir. Misalnya diletakkan di tempat sampah yang tertutup rapat.

Setelah masa menstruasi berakhir, seorang perempuan harus melaksanakan mandi junub agar suci kembali dari hadas besar. Mandi junub disebut juga dengan mandi janâbah dan mandi besar. Hukum mandi junub ini sama dengan hukum mandi dari hadas besar lainnya yaitu wajib.

Kali ini sudah ada salah satu intrumen yang bisa digunakan adalah Oky, aplikasi tersebut dapat membantu tantangan remaja perempuan. Oky sebuah aplikasi pelacak mentruasi pertama yang bisa dioprasikan melalui perangkat smartphone.

Dengan Oky, Remaja perempuan bisa melacak bagaimna mempengaruhi tubuh dan mood sehingga dapat mendapatkan perkiraan khusus untuk merencanakan hari-hari , belajar tentang informasi yang bisa dipercaya dan tips untuk tetap sehat serta bahagia

DOKUMEN
Fhoto Kegiatan Keputrian di SMP Negeri 12 Bandung




Setelah memberikan materi Pembiasaan Kegiatan Keputrian bagi siswi. Tema yang diusung Manajemen Kebersihan Mentruasi dan  Adab Pergaulan Remaja Menurut Islam. Saya sebagai Guru Pendidikan Pancasila dan sebagai penganut Agama Islam merasa lega rasanya tidak ada beban lagi tuk mengingatkan pentingnya  Manajemen Kebersihan Mentruasi dan  Adab Pergaulan Remaja Menurut Islam. Adapun Respon remaja putripun sangat baik. Di bawah ini adalah respon dan Umpan Balik remaja putri SMP Nengeri 12 Bandung.

DOKUMEN UMPAN BALIK






Demikian Manajemen Kebersihan Mentruasi yang sesungguhnya sangat dibutuhkan oleh para remaja khususnya remaja putri. Mereka merasa malu-malu untuk menyampaikan proses mentruasi pada orang tuanya, terkadang mereka jalan sendiri tanpa informasi. Akan tetapi dengan dikemas dalam Kebiatan Keputrian ternyata Remaja Putri sangat antusias mengikutinya.

Terimakasih para Remaja Putri SMP Negeri 12 Bandung.
Salam Sehat!























 

Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...