Sabtu, 16 Desember 2023

BERBAGI CERITA BAIK

MELAKUKAN ANALISIS KARAKTERISTIK
DI SMP PASUNDAN 1 BANDUNG


Untuk melakukan analisis Karakteristik di SMP Pasundan 1 Bandung, dilakukan dengan beberapa Langkah seperti: Mengumpulkan data dengan menggunakan hasil:  Kuisioner, Wawancara, Observasi dan  Diskusi. 

Dari data yang diperoleh di Analisa dengan menggunakan  SWOT, Menganalisis kekuatan, aspek perbaikan di dalam satuan Pendidikan, serta kesempatan dan ancaman terhadap satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan sudut pandang kebijakan daerah/ nasional dan sudut pandang atau masukan dari berbagai pemangku kepentingan. 

T-Chart, Grafik pengorganisasian berbentuk T yang membantu untuk membandingkan dua hal Nyang berbeda, contoh sebab akibat, pro kontra sebelum dan sesudah

Root Cause, digunakan untuk menemukan akar penyebab dari permasalahan. Kemudian dipilih yang relevan serta mulai mengkatagorikan dan terakhir menyimpulkan.

Ada beberapa  Karakteristik SMP Pasundan 1 Bandung adalah:  SMP Pasundan 1 Bandung terletak di tengah-tengah Kota Bandung dekat Rumah Dinas Wali Kota Bandung (Pendopo), Jalan Masuk bisa dari dua arah yaitu Arah Jalan Pasundan dan dari arah Jalan Balonggede. Bagian belakang (Arah Selatan) SMP Pasundan 1 Bandung berbatasan dengan pemukiman penduduk, bagian samping (Arah Utara) berbatasan dengan kantor Lurah, dan SMA Pasundan 1 Bandung, sedangkan bagian depan (Arah Timur) berbatasan dengan tempat usaha warung Nasi SPG dan pemukiman penduduk.  Dengan memiliki akses jalan 2 pintu samping (Arah Utara) menuju Jalan Balonggede dan depan (Arah Timur) menuju Jalan Pasundan, memudahkan pemantauan arus masuk dan keluar.

SMP Pasundan 1 waktu Pembelajarannya Pagi hari dari jam 06.30 – 12.20 kemudian dilanjutkan kegiatan ekstrakulikuler dari jam 12.30 – 15.00. 

Bebeapa Kelebihan  SMP Pasundan 1 Bandung antara lain:

  • Kondisi ruang belajar mengajar nyaman, tenang dan aman.
  • Lokasi sekolah berdekatan dengan Rumah Dinas Wali Kota, obyek wisata Alun-alun dan Gedung Merdeka
  • Kekeluargaan yang baik antara guru, karyawan, peserta didik, dan lingkungan.
  • Memiliki banyak ekstrakulikuler, sehingga siswa terwadahi minat dan bakatnya.
  • Penyelenggaraan ekstrakurikuler yang memiliki prestasi yang luar biasa seperti Angklung, Voli, Paskibra, Science, BTAQ, Bepas.
  • Sarana prasarana yang lengkap seperti ruang kelas yang representative, ruang praktik (lab IPA, lab Komputer, Perpustakaan, Mesjid, Studio dan broadcasting). Ruang MGMP, Toilet putra putri bersih, Kantin dan Koperasi sekolah.

Keadaan Sosial Budaya dan Lingkungan, SMP Pasundan 1 Bandung berada pada daerah tengah kota, dengan latar belakang sosial dan budaya yang beragam, sikap dan prilaku masyarakat kota yang individual, pendatang, dan eksklusif melebur dengan sikap masyarakat sunda asli yang tercermin dengan masih tingginya semangat gotong royong, kepedulian terhadap sesama, sopan santun masih terjaga serta kehidupan beragama yang baik.

Mengenai sumber dana yang digunakan dalam Proses Oprasional adalah Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) dan Kontribusi Langsung dari Masyarakat (Orang Tua Siswa), khusus bagi siswa yang Rawan Melanjutkan Sekolah, atau memiliki Kartu Sehat, dan Surat Keterangan Tidak Mampu tidak dikenakan biaya.

SMP Pasundan 1 Bandung adalah Sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dasar dan Mengengah (YPDM)  Pasundan, yang memiliki Visi Misi yang khas, " Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas unggul dalam bidang keilmuan, Nilai-nilai budaya Sunda dan Nilai Keislaman dengan Metode Silih Asih, Silih Asuh dalam menghadapi persaingan Lokal, Nasional, Regional dan Internasional serta sekaligus menjadi pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan Budaya dan serta Keislaman di Tatar Nusantara.

  • Mendidik SDM Unggul yang menguasai, memahami, menghayati dan mengamalkan ilmu yang ditekuninya dengan dilandasi oleh nilai-nilai Budaya Sunda dan Keislaman
  • Memberikan kontribusi untuk peningkatan SDM yang terampil mengaplikasikan ilmunya selaras dengan dinamika yang dihadapinya
  • Memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan yang peka dan dinamis
  • Mengembangkan ilmu, teknologi, dan informasi dengan dasar nilai budaya Sunda dan agama Islam sebagai Implementasi perwujudan ibadah kepada Alloh SWT
  • Mengembangkan Ilmu dan Nilai-nilai budaya Sunda berbasis keislaman untuk mencapai puncak budaya nasional yang berakar pada budaya daerah

Target YPDM Pasundan untuk segenap unit garapannnya

  • Terlaksananya peran, fungsi, tugas, dan tanggung jawab penyelenggaraan pendidikan oleh segenap unit gerapan di lingkungan YPDM Pasundan
  • Terealisasikannya kemandirian untuk tiap-tiap unit pendidikan
  • Terealisasikannya ciri khas unit pendidikan Psundan secara kreatif, inovatif, dan kompetitif untuk mencapai unit pendidikan unggulan
  • Terbangunnya iklim kerjasama yang kondusif, kekeluargaan dan saling menguntungkan
  • Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan (YPDM Pasundan), muara orientasinya ingin mewujudkan agar segenap peserta didik, pendidik dan penunjangnya menjadi seuweu siwi Paguyuban Pasundan yang “Pengkuh ngalaksanakeun agamana, luhung dina elmu pangaweruhna jeung jembar dina budayana”
  • Orientasi tersebut tetap mengacu pada pencapaian tujuan induk organisasi Paguyuban Pasundan, Yaitu : Merangan kebodoan.

Kemudian Jumlah Siswa Kls VII  sebanyak 204  (100 Laki-laki dan Perempuan 104). Jumlah Siswa Kls VIII sebanyak 117 ( 66 Laki-laki dan Perempuan 51 ) dan  Siswa Kls IX sebanyak 179  ( 76 Laki-laki dan Perempuan 103 ). Total Kelas VII,VIII dan IX adalah 500.

Deskripsi Tentang PTK Tenaga Pendidik berjumlah 43 Orang dengan Latar Belakang Pendidikan dan dipastikan linier.

Sarana Prasarana sangat memadai dari Jumah kelas yang tersedia 25 Rombel dan digunakan untuk Kergiatan Belajar Mengajar sejumlah 17  Ruang Belajar, dua Ruangan Kelas digunakan untuk Musola Perempuan 2. dan 4 Ruang kelas diguynakan untuk Kegiatan ektrakurikuler.

Peserta Didik SMP Pasundan 1 Bandung sangat beragam Latar belakang pendidikan orang tua, sosial ekonomi, lingkungan tempat tinggal, mulai dari tingkat Pendidikan ortu lulusan SMP sampai perguruan tinggi, pendapatan ekonomi mulai dari tingkat rendah sampai menengah, pekerjaan orang tua juga sangat beragam, hal ini sangat melatar belakangi karakteristik peserta didik.

Dengan latar belakang tersebut secara umum karakteristik peserta didik di SMP Pasundan 1 Bandung sebagai berikut:

  1. Mampu dan mau mengikuti aturan dan kegiatan sekolah
  2. Kemauan belajar tinggi
  3. Memahami dan mampu bersikap terhadap keberadaan peserta didik berkebutuhan khusus
  4. Semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler
  5. Bersedia meluangkan waktu melaksanakan kegiatan di luar waktu kegiatan belajar mengajar.
  6. Kehidupan beragama yang baik


Fhoto Menggali Karakteristik 
di Ruang Guru

Fhoto Menggali Karakteristik
dalam Kegiatan Penyusunan KOSP
 
Fhoto Menggali Karakteristik
dalam Mempersiapan Adm Guru
 

Fhoto Kegiatan Wawancara dengan Calon 
Peserta didik Baru


Itulah sekilas Karakteristik SMP Pasundan 1 Bandung, yang akan dijadikan modal awal penyusunan Kurikulum Oprasional Satuan Pendidkkan.

Saya percaya dan optimis menatap Masa depan SMP Pasundan 1 Bandung bisa mempertahan Kualitas dan Mutu Lulusan, sehingga animo masyarakat selalu meningkat dan dapat memberi kontribusi untuk Pengembangan Pendidikan di Kota Bandung dan  yang lebih luas lagi yakni Indonesia tercinta.

Bagaimana komentar teman - teman pengajar tentang Karakteristik SMP Pasundan 1 Bandung, mari kita simak Umpan Balik di Bawah ini!







Demikian Proses Penyususnan Karakteristik SMP Pasundan 1 Bandung, yang jelas semua berdiskusi dan beberapa Guru memberikan umpan balik sebagai perwakilan dari rekan guru. Saya mengucapkan banyak terimakasih, terus jalin kebersamaan agar semua program terlaksana dengan baik khususnya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan penyususnan KOSP sekolah SMP Pasundan 1 Bandung.







Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...