Selasa, 19 Desember 2023

CERITA PRAKTIK BAIK

 MENENTUKAN TEMA, TOPIK, DIMENSI, ELEMEN DAN SUB ELEMEN
P5 DI SMP PASUNDAN 1 BANDUNG


Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaksanakan dengan beragam cara, ada yang sistim Reguler yang dilaksanakan 2 jam  setiap hari atau di laksanakan 6 jam seltiap satu  minggu sekali. Ada juga sistim Blok dilakukan pada program Tengah atau akhir semester.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan proyek unggulan Implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam pelaksanaan P5 sekolah tempat saya mengajar yakni SMP Pasundan 1 Bandung menggunakan sistim blok. Kenapa dengan sistim blok? Sistim blok mudah dilaksanakan dan memungkinkan perencanaan dan pelaksanaan lebih focus baik untuk siswa maupun untuk guru.

Tahun Pelajaran 2023-2024, jauh-jauh sebelum pelaksanaan saya  sebagai Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan tugas tambahan sebagai wakil Kepala sekolah Bidang Kurikulum  mulai berdiskusi dengan siswa di kelas maupun dengan rekan Guru dan Kepala Sekolah tentang Tema P5 yang akan dilaksanakan. 

Adapun tema yang dipilih adalah "Bagunlah  Jiwa Raganhya" yang dilaksanakan pada Bulan September 2023, "Bhineka Tunggal Ika" Bulan November 2023 dan "Gaya Hidup Berkelanjutan" yang akan dilaksanakan pada Bulan Maret 2024 mendatang.

Dalam tulisan ini saya akan sedikit menjelaskan kegiatan Bulan November dan Desember 2023, tema Bhineka Tunggal Ika" Kesepakatan antara Guru dan Murid adalah Kelas 7 Legenda Nusantara, Kelas 8 Sejarah Nusantara, dan kelas 9 Sosial Budaya Nusantara. 

Sub tema yang dipilih adalah:

  1. Kls 7 A Batu Belah Batu Bertangkup.
  2. Kls 7B Situ Bagendit
  3. Kls 7 C Legenda Gunung Kelud.
  4. Kls 7 D Lutung Kasarung.
  5. Kls 7 E Sangkuriang
  6. Kls 7 F Bawang Putih Bawang Merah
  7. Kls 7 G Ande-ande Lumut
  8. Kls 8 A Rengas Dengklok
  9. Kls 8 B Bandung Lautan Api
  10. Kls 8 C Perjuangan Rd Ajeng Kartini
  11. Kls 8 D Grakan G30 S PKI
  12. Kls 9 A Janji Mentari
  13. Kls 9 B Festival Budaya Nusantara.
  14. Kls 9 C Melawan Stigma (Perang Bubat)
  15. Kls 9 D Keusik nu Kausik
  16. Kls 9 E Sebuah Kisah Klasik.
  17. Kls 9 F Perjuangan Pegerakan Kemerdekaan 1945

Setelah tema sub tema di pilih oleh masing-masing kelas, selanjutnya atas bimbingan Guru, wali kelas dan Koordinator serta Fasilitator proyek selanjutnya menyusun Skenario/ naskah cerita. memilih pemain, tim dekorasi dan tim IT serta merancang bahan alat proverty.

Tentunya dalam menyusun naskah perlu memperhatikan beberapa syarat, seperti tertera berikut ini:



Harapannya dalam proses pentas siswa siswi semua ikut andil dan memperhatikan berbagai syarat tampil seperti tertera di bawah ini:




Saya merefleksi kegiatan dari perumusan sampai proses kurasi dan proses pembimbingan siswa siswi sangat  antusias.  termasuk guru dan tim Mahasiswa Fakultas Bahasa Universitas Pasundan yang ikut berkolaborasi dalam proses Pembimbingan.

Dokumentasi Persiapan P5 di SMP Pasundan 1 Bandung kerjasama dengan tim Mahasiswa Fakultas Bahasa Universitas Pasundan.



 Foto Tim Mahasiswa Fakultas Bahasa Universitas Pasundan
yang berkolaborasi dengan SMP Pasundan 1 Bandung


Foto Siswa dalam Kegiatan Rancang Property



Foto Sisswa dalam Kegiatan Rancang Naskah

Bagaimana Komentar atau umpan balik dari para siswa SMP Pasundan 1 Bandung? mari kita lihat umpan balik di bawah ini!





Satu hal yang membuat saya haru dan bangga ternyata apresiasi dari orang tua siswa sangat tinggi seperti, menyumbang Dus, Memberi fasilitas trasfortasi, makanan konsumsi anak-anak, dan dukungan moril yang membuat siswa-siswi dalam melaksanakan P5 lebih percaya diri dan sangat termotivasi untuk menghasilkan Produk yang terbaik.

Ada cerita orang tua tentang pelaksanaan P5 di SMP Pasundan 1 Bandung, mereka bercerita banyak bahwa anaknya mengalami perubahan karakter yakni periang, percaya diri, aktif tidak menyendiri, sering bercerita dan berdiskusi, dan kelihatan dewasa. Orang tua suka itu.

Orang tua berpesan teruslah berjuang SMP Pasundan 1 Bandung, jangan takut salah kami orang tua ada dan mendukung setiap Pengembangan diri siswa-siswi kami. 

Alhamdulillah, kami tetap semangat membimbing Putra-putri harapan Bangsa.












Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...