PERENCANAAN PEMBELAJARAN SMP/ PAKET B
TOPIK KE-3
Perencanaa Pembelajaran SMP/ Paket B
Modul 1 Kurikulum
Oprasional Satuan Pendidikan (SD/Paket A, SMP/ Paket B, SMA/K/ Paket C
- Visi Misi Satuan Pendidikan
- Lingkungan Belajar yang Nyaman
- Merumuskan Tujuan Pembelajaran dan Contohnya.
- Menyusun Alur Tujuan dan Contohnya.
- Refleksi sebagai bahan Pembelajaran di SMP.
Visi adalah cita-cita bersama untuk jangka waktu tertentu yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh warga sekolah. Sedangkan misi adalah cara-cara yang dilakukan satuan pendidikan dalam upaya mencapai visi tersebut. Visi adalah tujuan yang ingin dicapai dalam rentang waktu tertentu. Sementara misi adalah cara untuk mencapai tujuan tersebut.
Visi dan misi satuan pendidikan merupakan komponen utama dalam kurikulum operasional satuan pendidikan dan harus menjadi acuan dalam seluruh kegiatan pembelajaran. Semua warga sekolah harus memiliki komitmen untuk mengejawantahkan nilai-nilai visi dan misi satuan pendidikan dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya, sebelum merumuskan visi dan misi, satuan pendidikan harus melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan atau analisis lingkungan belajar dengan cara menampung aspirasi warga satuan pendidikan agar visi dan misi yang akan dirumuskan benar-benar menjadi arah yang akan dituju oleh seluruh warga satuan pendidikan.
Berikut adalah langkah-langkah operasional dalam penyusunan
visi dan misi sekolah 1 perumusan visi dan misi sekolah, Langkah kerja:
Membentuk Tim Pengembang Sekolah (TPS) yang terdiri atas
unsur kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru tenaga administrasi, komite sekolah, orang
tua dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya
Membagi tugas sesuai dengan bidangnya
Berdasarkan hasil analisis evaluasi diri analisis SWOT dan
analisis konteks TPS menyusun rancangan atau draft perumusan visi misi sekolah
Mengadakan pertemuan atau rapat dengan dewan pendidikan untuk
membahas rancangan draf visi misi yang disusun dan direvisi dirumuskan
berdasarkan masukan dari warga sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan
Menyelaraskan visi sekolah dengan visi institusi di atasnya serta visi pendidikan nasional
Memutuskan
perumusan Melalui rapat dewan pendidikan yang dipimpin oleh kepala sekolah
dengan memperhatikan masukan komite sekolah
Mensosialisasikan visi kepada
warga sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan.
Meninjau dan merumuskan komunikasi secara berkala sesuai penyebab perkembangan masyarakat.
Perangkat yang dibutuhkan
SK Tim pengembang
Notulen rapat
Daftar hadir
apa daftar hadir rapat
Dokumen visi misi sekolah yang memperlihatkan hal-hal:
- Dijadikan cita-cita bersama warga sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan pada masa yang akan datang.
- Mampu memberikan inspirasi, motivasi dan kekuatan pada warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan.
- Dirumuskan berdasarkan masukkan dari berbagai warga sekolah dan segenap pihak yang berkepentingan. selaras dengan visi intitusi diatasnya serta visi pendidikan nasional dan
- Ddiputuskan oleh rapat dewan pendidikan yang dipimpin oleh Kepala sekolah dengan memperhatikan komite sekolah.
Berikut adalah Contoh Visi Sekolah Visi “Terwujudnya Insan yang Beriman Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar Kritis, Kreatif untuk Mewujudkan Kemandirian Siswa yang Berwawasan Lingkung, Berbudaya Sunda yang Luas Dan Berkebhinekaan Global”
Misi yang akan dirumuskan benar-benar menjadi arah yang akan dituju oleh seluruh warga satuan pendidikan, adalah:
- Memperkokoh landasan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME dalam upaya membentuk manusia Indonesia seutuhnya.
- Memantapkan penguasaan keagamaan baik teoritis maupun praktek serta dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari
- Meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka membentuk sumber daya manusia yang berkualitas
- Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
- Mewujudkan Sekolah bersih, sehat, aman dan nyaman
- Melaksanakan gerakan penghijauan, hemat energi dan peduli sampah
- Meningkatkan pemahaman, sikap prilaku rasional serta bertanggungjawab terhadap hidup dan kehidupan budaya Sunda
- Menumbuhkembangkan dan menyalurkan minat serta bakat seni budaya peserta didik
- Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.
- Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan komunitas belajar sepanjang hayat yaitu guru, peserta didik dan orang tua saling belajar sepanjang hidupnya.
- Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila.
- Mewujudkan pendidikan yang menjamin hak belajar bagi setiap Murid.
Perlu diingat selain memperhatikan Visi dan Misi, maka, Lingkungan Belajar yang nyaman. Keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya bergantung pada faktor pengajar atau pembelajar saja akan tetapi perlu memperhatikan Lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. Ada beberapa alasan pentingnya menciptakan Lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif, yakni Meningkatkan konsentrasi belajar, tidak stress dan tegang, meningkatkan gairah belajar belajar lebih efektif dan efisien, dan hasil belajar optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar