Selasa, 20 Desember 2022

AKSI NYATA

 MERDEKA BELAJAR
TOFIK KE-1 BELAJAR MANDIRI



Materi Pelatihan Platform Merdeka Mengajar (PMM) membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Fitur Pelatihan Mandiri terdiri dari sebelas tofik yang bertujuan   untuk menambah pemahaman Guru terkait Kurikulum Merdeka.secara mandiri.

Sebelas Tofik Belajar Mandiri tersebut adalah:

  1. Merdeka Belajar
  2. Kurikulum Merdeka
  3. Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket D
  4. Asesmen SMP-SMA/SMK/ Paket B-C
  5. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP/ Paket B
  6. Penyesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan dan Karakteristik Murid SMP-SMA/ Paket B-C
  7. Profil Pelajar Pancasila.
  8. Perencanaan untuk Perbaikan Satuan Pendidikan.
  9. Refleksi Diri
  10. Disiplin Positif
  11. Semangat Guru 2 Kompetensi Non Teknis Kurikulum Merdeka

Tofik Praktik Aksi Nyata kali ini adalah  Tofik ke-1  "Merdeka Belajar " terdiri dari 5 Modul, yakni:

Modul 1 Mengenali dan Memahami Diri Sebagai Pendidik

Guru perlu menyadari jati diri sebagai Pendidik, ada beberapak hal yang mesti kita renungkan bersama rekan guru,  yakni:

  1. Memahami Peran kita Sebagai Pendidik
  2. Mengenali Karakteristik Peserta didik
  3. Memahami Kelebihan dan Kelemahan diri
  4. Guru perlu adaktif terhadap Perubahan Murid
  5. Guru Sebagai Penuntun, Motivator, fasilitator sekaligus sebagai penggerak kea rah trasformatif Pendidikan yang berpihak pada murid. 
  6. Menjadi manusia yang merdeka yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin tidak tergantung pada orang lain.

Modul 2 Mendidik dan Mengajar.

Ada dua istilah yang terkadang dalam kenyataannya sering tertukar, akan tetapi setelah belajar modul ini diharapkan tidak terjadi kekeliruan antara mengajar dan mendidik.Mendidik adalah menuntun segala kodrat yang ada pada murid agar mencapai kebahagiaan dan keselamatan sebagai manusia ataupun anggota masyarakat.

Sedangkan Mengajar adalah proses pendidikan dalam memberikan ilmu untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin. Pendidikan Tidak sekedar memberikan pengetahuan namun mendidik keterampilan berpikir dan mengembangkan kecerdasan batin peserta didik.

Modul 3 Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh

Kodrat murid selalu dihubungkan pada kodrat keadaan baik kodrat alam maupun kodrat zaman

Asas trikon terdiri dari kontinuitas (pengembangan secara terus-menerus), konvergen (pengembangan dari berbagai sumber), konsentris (pengembangan berdasarkan kepribadian sendiri).

Pendidik dapat menggunakan mscsm-macam model prmbelajaran untuk mendampingi murid.   

Modul 4 Mendidik dan melatih kecerdasan diri

Pemahaman untuk memfasilitasi murid agar tubuh sesuai dengan kodratnya

Budi pekerti merupakan perpaduan antara cita rasa dan Karsa bersatunya gerak pikir perasaan dan kemauan sehingga menghasilkan sebuah tenaga

Konsep konvergensi merupakan transformasi pendidikan yang mengarahkan murid dapat berisi dengan budaya lain tanpa kehilangan jati diri.

Modul 5 Pendidikan yang mengantarkan pada kebahagiaan dan keselamatan

Tujuan akhir Pendidikan adalah keselamatan dan kebahagiaan murid dapat dipenuhi dengan memahami peran guru melalui system. 

Guru mengajarkan ilmu pengetahuan serta membimbing peserta didik untuk mencapai pemahaman yang bermakna.

Murid literasi digital hidup di era kemajuan mengharuskan guru mengajar Pendidikan yang adaptif inovatif reflektif kolaboratif dan berpihak pada murid.

Refleksi Saya setelah mempelajari Tofik Merdeka Belajat, adalah:

Hal yang memberikan perubahan kepada saya adalah bahwa dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar adalah bagaimana mengubah mindset dalam mengembangkan sekolah terutama dalam Proses pembelajaran

Langkah konkrit yang harus saya lakukan selanjutnya adalah memulai dari diri sendiri untuk mengevaluasi diri dan terus menerus belajar untiuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman sebagai upaya mengisi atau “mencharge” Kembali hal-hal baru yang dapat memotivasi siswa untuk belajar

Form Umpan Balik

Teman-teman mohon maaf Mohon di isi form Umpan Baliknya melalui Komen ini dengan cara melanjutkan kalimat ini:

  1. Dari paparan yang disampaikan, sebelumnya saya pikir… ternyata….
  2. Langkah Kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah …

Terima Kasih Ibu Bapak Guru Hebat “Mari gunakan Platform Merdeka Mengajar untuk mengajar, belajar dan berkarya lebih baik dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila!

11 komentar:

Nurul mengatakan...

Nurul mengatakan...

Nurul mengatakan...

Haturnuhun elmuna bu, sehat selalu...

Boyke rizky mengatakan...

Dari paparan yang telah disampaikan oleh pemateri (Ati Rohaeti,M.Pd), sebelumnya saya pikir merdeka belajar itu suatu kebebasan dalam PBM baik yang dilakukan siswa maupun oleh tenaga pendidik. ternyata merdeka belajar itu memberikan keleluasaan guru dalam menyampaikan pembelajaran yang menitik beratkan pada siswa, baik segi kompetensinya maupun karakter pelajar pancasila.
Langkah Kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah memperbaiki dan melaksanakan kurikulum merdeka belajar.

Nani Rohaeni mengatakan...

Dari materi yang telah disampaikan tentang merdeka belajar itu suatu kebebasan dalam PBM baikbyang dilakukan siswa mauoun oleh pendidik,ternyata merdeka belajar itu memberikan keleluasaan falam penyampaian materi yang berfokus pada murid.
Langkah kecil yang akan saya lakukan setelah ini adalah memperbaiki dan melaksanakan kurikulum merdeka

Lisa Darmansah mengatakan...

Informasi yang sangat bermanfaat bagi saya yang belum mengetahui lebih dalam mengenai merdeka belajar

Lisa Darmansah mengatakan...

Informasi yang sangat bermanfaat terutama bagi saya yang belum memahami lebih dalam mengenai merderka belajar.

Lisa Darmansah mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih

e_ducation.com mengatakan...

Setelah membaca pemanaparan ini..langkah kecil yg akan sy lakukan adalah lebih memahami jati diri kita sebagai pendidik dgn mereview langkah2 yg telah sy laksanakan..well done Ibu 🙏

Nurul mengatakan...

Dari paparan yang disampaikan, awalnya saya berpikir bahwa mengajar itu hanyalah sekedar menyampaikan materi pada siswa saja, ternyata lebih dari itu guru sebagai fasilitator untuk memfasilitasi murid agar tumbuh sesuai dengan kodratnya. Begitupun langkah kecil sebagai awal dari penerapan merdeka belajar adalah mulai mengenali sifat, bakat dan karakteristik siswa agar dapat membantu mereka dalam mengembangkan potensi masing-masing. Haturnuhun.

Anonim mengatakan...

Sebelumnya saya pikir merdeka belajar tidak semenarik itu, tetapi setelah mempelajarinya lebih dalam merdeka belajar bisa membantu guru untuk mengembangkan potensi siswa agar terhindar dari berbagai tekanan seperti administrasi, penguasaan bahan ajar yang terlalu banyak, dan tekanan kebijakan lainnya. Sehingga konsep ini akan memunculkan potensi guru yang cukup berbakat

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...