Senin, 27 Desember 2021

PR BESAR UNTUK MENYUKSESKAN GENERASI EMAS

 BIMTEK PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI

KOTA BANDUNG

Background Kegitan Bintek

Pemateri ke-1 Bapak Ketua PGRI Kota Bandung (Cucu Saputra M.M.Pd)

Peran Guru dala, Mengimplementasikan Penguatan Literasi dan Numerasi dalam Pembelajaran.

Bagaimana anak-anak kita bisa berliterasi itu melalui sebuah upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar yang memotivasi anak untuk mencari referensi.

Seorang guru tidak boleh hadir di kelas sosok manusia sempurna yang tahu dari A sampai J, artinya ketika tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa tidak perlu banyak alibi. Maka harus sama-sama sebagai seorang pembelajar untuk kemudian kita bahas bersama. Kita  perlu membangun hubungan kesetaraan antara murid dan guru  hubungan intelektual. Kita bangun  gambaran tentang bagaimana menciptakan kelas itu sebagai sebuah mimbar akademik yang yang memberi jaminan berpikir kritis

Saat ini Guru memiliki peluang yang sangat besar bagaimana mendesain sebuah pembelajaran, ketika guru merancang sebuah pembelajaran melalui inflasi dan operasi Harus berimplementasi kepada sosok  profil pelajar Pancasila

Peran guru dalam peradaban manapun mulai kesadaran tentang hak asasi manusia mulai kesadaran tentang kesetaraan tentang demokrasi tentang kemerdekaan itu diawali dari pendidikan yang dilakukan oleh bapak ibu guru di dalam proses belajar mengajar.

Pemateri ke-2 ( Dra.Nita Suherneti, M,M.Pd)

Startegi Pengembangan Literasi dan Numerasi di Sekolah

Bagaimana strategi pengembangan literasi numerasi di sekolah ibu dan bapak sementara ibu dan bapak sebagai peserta di sini adalah guru guru bahasa Indonesia dan juga tim penggiat literasi di sekolah. Bermitra antara guru dengan peserta didik itu harus dilaksanakan dan nanti dikaitkan dengan profil pelajar Pancasila.

Untuk pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS) kita punya geliat apalagi dengan majalahnya. Jadi waktu strategi pengembangan literasi numerasi terutama fokusnya kepada bagaimana menciptakan budaya literasi karena kalau berbicara pembelajaran sudah bahagia dari pengembangan pembelajaran.

Kita perlu meninhgkatkan minat baca, bagaimana siswa meningkat minat bacanya bila kita tidak ada keinginan untuk meningkatkannya. Mulai diri ,kita sendiri, mulai dari orang-orang yang kita cintai.

Pemateri ke-3 dari Bapak Dodi Ahmad Fauzi

Membaca dan Menulis Sebagai Dasar Pengembangan Diri.

Kita berharap kesempatan hari ini menjadi sebuah titik tolak menuju peradaban literasi yang lebih baik.

Diawali dengan membaca puisi karya WS Rendra, dari bacaan itu muncul kesadaran dan dari kesadaran akan muncul Cakrawala. Menurutnya kalau kita tidak berliterasi ia ibarat tidak punya matahari sehingga di bumi ini menjadi gelap.

Membaca dan menulis sebagai dasar pengembangan diri ini sesuai tema yang dimintakan. Berbicara di hadapan para guru SMP yang posisinya menjadi tim Pendidik siswa, sebagai generasi yang sedang bertumbuh kembang baik tenaga maupun jiwanya agar siswa berubah dan berbuah tetapi juga harus berbuah. Berubah itu ada dua berubah ke depan dan rubah ke belakang apa yang saya paparkan di depan saya yakin para guru sudah mengetahuinya misalnya keragaman usia bertumbuh kembang karena mendapatkan asupan dengan ditunjang oleh latihan atau pengembangan diri, untuk belajar terus-menerus jika asupan tidak bagus perubahan yang terjadi pada manusia bisa saja bukan berubah ke arah yang baik tapi justru mengalami kemunduran.

Kegiatan membaca dan menulis sebagai sarana dasar untuk pengembangan diri kearah yang lebih baik kita harapkan kegiatan membaca dan menulis itu akan melahirkan perkembangan jiwa dan raga

Seseorang tumbuh menjadi manusia dengan fisik dan karakteristik yang kurang positif atau malah negatif perlu saya sampaikan sekian iklan makanan dan minuman yang disampaikan melalui bacaan di media massa Ternyata ada yang membahayakan tubuh dan mental manusia.

Penyedap rasa misalnya yang diiklankan melalui bacaan ternyata membahayakan bila terus-menerus dikonsumsi apalagi dalam jumlah yang sangat banyak pengawet pewarna dan pemanis yang dituangkan ke dalam minuman kemasan yang tidak bagus untuk Raga manusia yang berdampak negatif bagi jiwanya. Iklan pemutih kulit adalah menyalahi kodrat walau mungkin benar memutihkan.

Pemateri ke-4 (Yoyo Sunaryo. M.Pd)
Produk dan Apresiasi Literasi dan Numerasi.
Pemateri ke-5 (R. Yulianti, M.Pd)
Pembentukan Tim Pendamping Literasi Daerah (TPLD) dan Tim Literasi Sekolah (TLS) Kota Bandung.
Pemateri ke-6 (Nia Kania Dewi, M.Pd)
Pemonitoran dan Evaluasi Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah
Pemateri ke-7 (Ida Suryanti, S.Pd, M.M.Pd)
Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan Presentasi RTL

Materi ke-4 – ke 7 adalah pengembangan yang perlu disusun di tingkat sekolah serta instrumen monitoring dan Evaluasi masih di susun di tingkat Tim Pendamping Literasi Daerah (TPLD) Kota Bandung.

Pelaksanaan berlangsung dari pukul 08.00- 14.00. di tutup dengan kegiatan Post tes. Dan di ikuti dengan tugas-tugas yang luar biasa banyak, antara lain:

TUGAS MANDIRI PESERTA BIMTEK

  1. Best Practice
  2. RPP berbasis Literasi dan Numerasi
  3. Link Jamboard atau Padlet
  4. Puisi Peserta Bimtek
  5. Puisi Siswa (minimal 75 puisi untuk jadi 1 buku hasil karya sosialisasi dari bimtek)
  6. Foto/Dokumentasi Produk  Literasi yang ada.
  7. Draft SK TLS
  8. Draft Program TLS
  9. RTL TLS setelah mengikuti bimtek.
  10. Pengisian Instrumen Litnum

Silahkan Bapak dan Ibu Peserta Bimtek menyelesaikan Tugas No 1- No 9 terlebih dahulu.

Untuk tugas No 10 disampaikan kemudian.

Tugas yang harus di laksanakan tingkat Sekolah adalah:

Kelengkapan TLS


Yang harus disiapkan oleh TIM LITERASI SEKOLAH (TLS)

  1. SK Tim Literasi
  2. Program Literasi Sekolah
  3. Duta Baca/Literasi Sekolah
  4. Pojok Baca Tiap Kelas
  5. Taman Baca
  6. Mading
  7. Website Sekolah
  8. Perpustakaan yang Ramah, Nyaman, Lengkap dan Berdaya Guna
  9. Slogan-Selogan Baca, Banner, Spanduk Literasi.
  10. Pohon Literasi/ Diorama Dunia Baca
  11. Mou Kerjasama
  12. Jurnal Baca dan Rekap
  13. Buku Hasil Karya/ Kaleidoskop Karya.
  14. Majalah Literasi Kota/Sekolah.
  15. Galeri Hasil Karya
  16. Video Kegiatan Literasi Dan Video Mendongeng (Youtobe)
  17. Lagu-Lagu Literasi
  18. Perayaan Hari Buku/Sastra Dsb.
  19. Apresiasi Literasi Tingkat Sekolah.
  20. Partisipasi Dalam Lomba/Kegiatan Tk Kota/ Provinsi / Nasional.
  21. RPP dan Metode Pembelajaran Berbasis Literasi Dan Numerasi.

Semangat Literasi, Salam Literasi.

Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...