Minggu, 16 April 2023

PEMBEKALAN NS BPB

HARI KE-1
SELASA, 11 APRIL 2023


Selasa 11 April 2023 Kegiatan Pembekalan Nara Sumber  Berbagi Praktik Baik (NS BPB) diselenggarakan oleh Balai Besar Guru Penggerak (BB GP) secara Daring. Kegiatan Pembekalan ini diselenggarakan setelah proses panjang pendaftaran dengan persyaratan telah mengerjakan PMM dan dinyatakan lulus validasi Aksi Nyata minimal 2 Topik.
Tanggal 7 April dinyatakan Lolos untuk menjadi calon NS BPB. tentunya masih harus melengkapi Aplikasi Sinar Baik yang dirancang oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Melalui Aplikasi Sinar Baik itulah data-data dan informasi Pembekalan, Kelengkapan Tugas, Absensi dan Kumpulan Lembaran Kerja Peserta ada di link tersebut.
Selain Aplikasi Sinar Baik calon NS BPB harus melengkapi data di Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Diklat Terpadu  (SIMADDU). Intinya calon peserta dituntut melek Teknologi, Informasi dan membiasakan diri untuk lebih tertib beradministrasi.
Materi Hari Pertama bagi saya merupakan awal pembelajaran yang sangat menarik, materi tersebut adalah Pedoman mengenai  Pengelolaan Narasumber Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Buku Saku Berbagi Praktik Baik.



Saya bersyukur Guru-guru yang tergabung di kelompok empat, sangat ramah, sangat kental dengan arti kerjasama dan kekeluargaan, dan sangat paham akan kesibukan masing-masing anggota kelompok. Adapun anggota Kelompok 4 terdiri dari Ibu dan Bapak Guru Hebat yakni: Ibu Ihat Solihat, S.Pd, M.Pd dari SD 077 Sejahtera Kota Bandung , Ibu Puji Astuti, S.Pd, M.P, dari SMA Pasundan 2 Bandung,  Ibu Widi Suryaningsing, S.Pd dari SD 046 Sindanglaya, Bapak Dida Firgiawan, S.Pd, M.Pd dari SMA Negeri 8 Kota Bandung. dan saya Ibu Ati Rohaeti, M.Pd dari SMP Pasundan 1 Bandung.


Poto Peserta Calon NS BPB dari Kota Bandung

Yang sangat mengagumkan adalah penyampaian materi Pembekalan yang disampaikan oleh Bapak Narasumber kita yakni, Bapak Yoki Ariyana, Beliau menerapka pembelajaran andragogi, pembelajaran sangat menyenangkan meskipun dilakukan secara Online.
Akhir Kegitan Hari Pertama kami diberikan tugas menganalisis ke dua Buku, Pedoman mengenai  Pengelolaan Narasumber Berbagi Praktik Baik Implementasi Kurikulum Merdeka dan Buku Saku Berbagi Praktik Baik.

Poto Tugas LK -1 
Analisis Buku Pedoman dan Buku Saku

Alhamdulillah kegiatan Pembekalan Calon NS BPB hari pertama, dilaksanakan dengan sangat baik, tugas dilaksanakan dengan penuh kekompakan serta Bapak Narasumber menugaskan kami untuk mempresentasikan tugas yang pertama tepat pukul 16.00. Selesai Presentasi jam 16.30 kegiatan ditutup langsung oleh Bapa Yoki.
Terimakasih Pak Yoki Narasumber yang selalu menginspirasi, Insya Alloh Ilmunya sangat bermanfaat,. Terimakasih kawan sahabat Guru-guru hebat yang telah membersamai di Pembekalan NS BPB hari ke-satu ini.
Yuuk mari kita bergerak, berbagi untuk selalu menginspirasi.  Jangan lelah untuk berprestasi meski pensiun sudah menanti.
Salam sehat dan selalu semangat kawan.





Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...