Teknik Memasarkan Buku
Resume ke-16
Senin 8 Februari 2021
Oleh Ati Rohaeti
Assalamualaikum
Warohmatulohi Wabarokatuh
Senin,
8 Februari 2021 jumpa lagi dengan Latihan Menulis PGRI, materinya kali ini “
Teknik Memasarkan Buku”. Tema ini di rancang sedemikian rupa agar penulis yang
produktif tidak hanya membuat Buku tetapi hasil kerjanya harus bener-bener
dikelola supaya mendapatkan hasil sesuai target yang diharapkan.
Dengan
dipandu oleh Moderator yang tidak asing lagi yakni Bu Aam Nurhasanah, S.Pd dan
Pemateri Bapa Agustinus Subardana Direktur Pemasaran Penerbit Andi.
Kilas balik pemasaran penerbit
Andi masa pandemi Covi-19. Penerbit yang
bisa bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi. Terbukti dengan dibukanya cabang
representative di 120 titik di kota dan kabupaten di Indonesia.
Penerbit yang tangguh bisa
bertahan dan bertumbuh ditengah pandemi, tentunya memiliki strategi pemasaran
yang diandalkan, sehingga berbagai tantangan dan kendala bisa diatasi dan
dijadikan peluang untuk meraih penjualan yang maksimal.
Menentukan jenis buku dan mengklasifikasikannya
merupakan Strategi pemasaran penerbit Andi
selama ini.
Kemudian dalam Strategi
Pemasaran perlu memperhatika beberapa faktor yaitu
:
1. Faktor mikro
o
Perantara
o
Pemasok
o
Pesaing
o
Masyarakat
2. Faktor makro
o
demograsi
o
ekonomi
o
politik
o
hukum
o
teknologi
o
fisik
o
sosial budaya
Pemasaran bisa melauii serangan Udara (on line), maupun marketing Darat (off line), keduanya tentu memiliki bidikan yang berbeda.
Melalui Udara (on line) menghindari sentuhan fisik di masa pandemi. Marketing Darat (op line), Pemasaran model ini bermanfaat karena: biaya lebih murah, jangkauan lebih luas, mudah menentukan target pasar berdasarkan kategori, komunikasi dengan konsumen lebih mudah, dapat menggunakan berbagai media sosial yang ada sertta mudah dievaluasi dan dikembangkan
Hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran Udara (on line) : proaktif promosi, mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang ada, menstabilkan penjualan dan meningkatkan pendapatan, mengembangkan keunggulan produk dari pesaing
Sedangkan dalam pemasaran Marketing Darat ( off line ) harus memperhatikan: pemetaan wilayah potensial untuk membuka cabang representative (stokist) pemasaran buku, menjalin kerjasama dengan jaringan toko buku di seluruh Indonesia, yaitu Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, dan toko buku yang lain., untuk dapat memasarkan di toko buku, harus juga diperhatikan tentang bagaimana memenangkan display, promo potongan harga, active selling di toko tersebut, menyediakan banner promosi, acrilic untuk menonjolkan produk buku, mengadakan promo buku yang sedang diminati.
Strategi Directselling juga
diterapkan oleh Andi Offset. Directselling adalah memasarkan
dengan memetakan jenis kategori buku yang diterbitkan.
Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
1)
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk
jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
2)
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
3) Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan berbagai strategi, Penerbit Andi
mampu bertahandan bertumbuh di masa pandemi ini.
Sekian dan terima kasih
Salam Literasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar