Rabu, 10 Februari 2021

 

Teknik Memasarkan Buku

Resume ke-16

Senin 8 Februari 2021

Oleh Ati Rohaeti


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh

Senin, 8 Februari 2021 jumpa lagi dengan Latihan Menulis PGRI, materinya kali ini “ Teknik Memasarkan Buku”. Tema ini di rancang sedemikian rupa agar penulis yang produktif tidak hanya membuat Buku tetapi hasil kerjanya harus bener-bener dikelola supaya mendapatkan hasil sesuai target yang diharapkan.

Dengan dipandu oleh Moderator yang tidak asing lagi yakni Bu Aam Nurhasanah, S.Pd dan Pemateri Bapa Agustinus Subardana Direktur Pemasaran Penerbit Andi.

Kilas balik pemasaran penerbit Andi  masa pandemi Covi-19. Penerbit yang bisa bertahan dan bertumbuh di tengah pandemi. Terbukti dengan dibukanya cabang representative di 120 titik di kota dan kabupaten di Indonesia.

Penerbit yang tangguh   bisa bertahan dan bertumbuh ditengah pandemi, tentunya memiliki strategi pemasaran yang diandalkan, sehingga berbagai tantangan dan kendala bisa diatasi dan dijadikan peluang untuk meraih penjualan yang maksimal.

Menentukan jenis buku dan mengklasifikasikannya merupakan  Strategi pemasaran penerbit Andi  selama ini.

Kemudian dalam Strategi Pemasaran  perlu memperhatika beberapa   faktor yaitu :

1.    Faktor mikro

o   Perantara

o   Pemasok

o   Pesaing

o   Masyarakat

2.    Faktor makro

o   demograsi

o   ekonomi

o   politik

o   hukum

o   teknologi

o   fisik

o   sosial budaya

 

Pemasaran bisa melauii serangan Udara (on line), maupun marketing Darat (off line), keduanya tentu memiliki  bidikan yang berbeda.

Melalui  Udara (on line) menghindari sentuhan fisik di masa pandemi. Marketing Darat  (op line), Pemasaran model ini bermanfaat karena: biaya lebih murah, jangkauan lebih luas, mudah menentukan target pasar berdasarkan kategori, komunikasi dengan konsumen lebih mudah, dapat menggunakan berbagai media sosial yang ada  sertta mudah dievaluasi dan dikembangkan

Hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran Udara (on line) : proaktif promosi, mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang ada, menstabilkan penjualan dan meningkatkan pendapatan, mengembangkan keunggulan produk dari pesaing

Sedangkan dalam pemasaran Marketing Darat ( off line ) harus memperhatikan: pemetaan wilayah potensial untuk membuka cabang representative (stokist) pemasaran buku, menjalin kerjasama dengan jaringan toko buku di seluruh Indonesia, yaitu Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas, dan toko buku yang lain., untuk dapat memasarkan di toko buku, harus juga diperhatikan tentang bagaimana memenangkan display, promo potongan harga, active selling di toko tersebut, menyediakan banner promosi, acrilic untuk menonjolkan produk buku, mengadakan promo buku yang sedang diminati.

Strategi Directselling juga diterapkan oleh Andi Offset. Directselling adalah memasarkan dengan memetakan jenis kategori buku yang diterbitkan.

Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini dibagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

1)   Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

2)   Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah

3)   Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan berbagai strategi,  Penerbit Andi  mampu bertahandan bertumbuh  di masa pandemi ini.

 

Sekian dan terima kasih

 

Salam Literasi

 

 

 

Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...