Rabu, 10 Februari 2021

 

Menulis Setiap Hari dan Buktikan Apa yang Terjadi

Resume ke-1

Senin, 04 Januari 2021

Oleh Ati Rohaeti

 


Tidak ada kata terlambat menulis, “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” itu adalah tema yang di usung pada pertemuan ke-1 dalam pelatihan menulis yang akan disampaikan oleh Bapa Wijaya Kusumah, M.Pd.( Omjay)

Berbagai rasa silih berganti menyertai pelatihan menulis PGRI. anatar ikut pelatihan, atau menunda pelatihan, kerjaan saya hanya mengintip dan berakhir dengan kegalauan. Akhirnya dipertemuan ke enam  saya memberanikan diri japri ke Bu Aam Moderator sekaligus Narasumber Pelatihan Menulis ini.

Sambutan Bu Aam sangat baik meskipun pertemuan dilaksanakan selepas pelatihan. Tak terasa waktu menunjukkan jam 22.00. Motivasi menulis saya mulai menyala kembali, Bu Aam menyarankan  untuk ikut kegiatan pelatihan Menulis Gelombang ke 17 ini. Kemudian saya dibimbing untuk memasukkan hasil tulisan di dalam Blog.

Masih ingat saya takkala Bu Aam membimbing membuat blog. Wih luar biasa memang  perhatian Bu Aam dalam urusan menulis dan membimbing peserta pelatihan.

Malam itu blog saya udah jadi, dan saya menulis hanya tiga paragrap saja sesuai dengan saran dari pemateri, yakni bagian awal menyapa pembaca, inti bacaan dan  di paragrap akhir adalah penutup.

Blog sudah jadi dan Komentar pertama tulisan saya pastinya adalah Bu Aam, Hebat luar biasa memang mereka tidak merasa lelah meskipun seharian beraktifitas masih tetap berbagi.

Sejak saat itu saya berusaha menulis, meskipun terputus-putus. Setiap pertemuan saya ikuti dan sampailah pada pada pendirian saya, bahwa pelatihan yang sistematis dan terstruktur mesti diawali dari pertemuan ke satu.

Izinkanlah saya menyampaikan resume ke-1, resume yang tertunda disaat kegalauan memuncak.

Pertemuan ke satu adalah pondamen yang mesti dimiliki peserta dalam pelatihan menulis PGRI.. Untuk memiliki tulisan maka menulislah setiap hari, menulis seperti halnya bicara hanya bedanya dituangkan dalam bentuk tulisan.

Kerjakan apa yang sudah kita lakukan, dan tuliskan apa yang sudah kita kerjakan, sederhana memang apa yang disampaikan oleh Narasumber kita. Apalagi sambil mengilustrasikan karya-karya yang sudah jadi dan yang sedang mereka garap.

Ngobrol santai bareng Omjay tanggal Sabtu Malam, 2 Januari 2021, Malam ini saya sengaja mengikuti acara ngobrol santai bareng Omjay.  Sebuah acara yang dikemas untuk mengawali kegiatan Membaca dan menulis PGRI.

Alhamdulillah banyak guru yang hadir melalui aplikasi zoom.

Jarak yang jauh semakin dekat dengan adanya teknologi terkini. Virus corona membuat kita para guru melakukan hal hal baru. Bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya bisa berjumpa dengan Omjay dan Ibu Bapak guru dari berbagai penjuru Nusantara, melaui link Zoom Meeting dengan tajuk "Ngobrol Bareng Omjay".

Turut meluangkan waktu untuk  Ngobrol Bareng Omjay memang tidak sia-sia.

Dari Omjay saya mendapatkan inspirasi untuk menulis dan sekaligus menjadi Blogger, bahkan dengan peserta 20 orang  dari penjuru nusantara.

Malam ini ada duapuluh pengalaman menulis dan pengalaman kesuksesan mereka  menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi saya.

Alhamdulillah pengalaman pertama jumpa dengan para penulis hebat secara virtual, menjadi pembelajaran pertama saya dan mudah-mudahan jejak mereka menjadi motivasi untuk bisa memulai menulis bagi saya. Aamiin.

 

Terimakasih  Omjay dan Bapak Ibu sekalian. Semoga kita dapat terus belajar sepanjang hayat.

 

Salam Literasi

 

Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...