Rabu, 21 Agustus 2024

TUJUH MODAL ASET SEKOLAH YANG PENTING DALAM PENDIDIKAN

Awalnya saya berpikir bahwa Modal yang sangat penting di sekolah adalah  Modal Finansial, semakin finansialnya tinggi maka semakin bermutu dan berkualitaslah sekolah. Akantetapi setelah mempelajari topik ini mulailah terbuka bahwa modal aset sekolah itu sangat banyak dan penting untuk diinfentarisir. 

Apa saja modal aset sekolah yang penting dalam pendidikan? Mari kita analisis satu persatu sehingga sangat bermanfaat dalam pendidikan dan pembelajaran Peserta didik. Modal aset itu antara lain:

Modal Manusia, SDM yang berkualitas akan mempengaruhi kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan harga diri seseorang. Pemetaan Modal atau aset individu merupakan kegiatan menginventarisir pengetahuan, kecerdasan dan ketrampilan yang dimiliki setiap wargannya dalam lingkungan sekolah.

Modal Sosial, merupakan modal investasi yang berdampak pada bagaimana manusia, kelompok dan organisasi hidup berdampingan.

Modal Politik. Salah satu aset sekolah yang digunakan untuk melahirkan berpola kebijakan yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran .

Modal Agama dan Budaya, identifikasi dan pemetaan modal budaya dan agama merupakan langkah penting dalam komunitas, termasuk kelembagaan dan tokoh-tokoh penting yang berperan langsung maupun tidak langsung.

Modal Fisk, bangunan dan infrastruktur atau sarana prasarana seperti kelas atau lokasi pembeljaran, laboratorium, pertemuan dan pelatihan termasuk jalur komunikasi, sarana pendukung pembelajaran hingga trasportasi.

Modal Lingkungan atau Alam. Aset potensial yang belum diolah tetapibernialai ekonomi tinggi dalam upaya pelestarian alam dan kenyamanan hidup.

Modal Finansial, digunakan untuk membiayai pembangunan dan kegiatan sekolah.

Saya mencoba menganalisis Aset sekolah, hasilnya seperti di bawah ini. Kemudian saya mencoba mengajak beberapa teman sejawat untuk berdiskusi seputar Pengelolaan Program Sekolah yang berdampak pada Murid”. Adapun hasil pemetaan Aset Sekolah yang penting dalam pendidikan di SMP Negeri 12 Bandung adalah sebagai Berikut:

MATRIK ANALISIS ASET  SEKOLAH


Dari pemetaan tersebut, maka bergulirlah program-program sekolah yang sangat Strategis maupun Program Rutin  dari Bidang Kurikulum, Bidang Kesiswaan, dan Bidang Hubungan dengan  Masyarakat (HUMAS).

Selain pertimbangan Tujuh Modal Aset, program-program sekolah adalah hasil dari Analisis Rapor Pendidikan SMP Negeri 12 Bandung yang terbaru Tahun 2024. Serta hasil pertimbanga Visi Misi dan Karakter serta kebutuhan Murid.

Saya semakin yakin bahwa program-program SMP Negeri 12 Bandung akan terlaksana dengan kondusif didukung dengan  Tujuh Modal Aset dan selalu berpijak pada  Program Berbasis Data. Manajemen  Tujuh Modal Aset akan semakin berdampak pada Program sekolah.

Dokumentasi Rapat Dinas Sosialisasi Program Sekolah



Bagaimana Respon Teman-teman Guru SMP Negeri 12 Bandung, tentang Tujuh Modal Aset SMP Negeri 12 Bandung? Marikita lihat Hasil Umpan Balik terkait Tujuh Modal Aset di bawah ini:






Dari hasil Umpan Balik, teman-teman semakin yakin bahwa program sekolah akan berjalan sesuai dengan harapan . Hal ini ditunjang dengan Tujuh Modal Aset yang dimiliki sekolah. Ketujuh Aset tersebut sudah mulai di analisis dan itu semua membuat kita semua semakin optimis penjaminan mutu akan terus mengalami peningkatan dan pembelajaran semakin berpihak pada siswa. 


 

Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...