Rabu, 14 Agustus 2024

 OBSERVASI REKAN SEJAWAT

Komunitas Belajar (KOMBEL) merupakan Sekelompok Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang belajar bersama dan berkolaborasi secara berkelanjutan dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid.

Setelah mempelajari topik  Menjalankan Komunitas dalam Sekolah Kali ini saya akan mencoba berkolaborasi dengan rekan teman sejawat  yakni dengan Ibu Pipi Kamilah, M.Pd selaku Pengajar Pendidikan Pancasila di Kelas  VIII H.   Saya merasa nyaman dengan Ibu Guru tersebut sebagai partner Observasi dan yakin suasana kolaboratif dan  penerimaan umpan balik akan terlaksana dengan efektif.

Kegiatan Observasi Antar Teman sejawat dilaksanakan mulai Percakapan Pra Observasi Kelas, Observasi Kelas dan Pasca Observasi Kelas. Ketiga kegiatan tersebut dapat di lihat dari dokumen di bawah ini.

Dalam Kegiatan Percakapan Pra Observasi Kelas, Saya dan Ibu Pipi Kamilah (Rekan Sewawat) memilih salah satu elemen yakni, “Keteraturan Suasana Kelas”. Adapun alasan dari pemilihan elemen tersebut adalah Kelas VIII H adalah kelas yang dirasa penting untuk mendapat perhatian khusus dalam hal Keteraturan Suasana Kelas.

Setelah disepakati saya sebagai Observer dan Ibu Pipi sebagai Guru yang diobservasi termasuk sepakat waktu pelaksanaan Observasi Selasa 30 April 2024 di Kelas VIII H. Pedoman Observasi dipelajari bersama dan Perencanaan Pembelajaran (Modul) yang dilengkapi dengan Perencanaan Assesmen sudah dipersiapkan.

Untuk melihat kesepakatan Perencanaan yang dilakukan 29 April 2024 sebagai Percakapan Pra Observasi Kelas, saya sampaikan Dokumen di bawah ini.


Pelaksanaan Observasi dilaksanakan sesuai dengan rencana, yakni Hari Selasa 30 April 2024. Untuk melihat Hasil Observasi yang dilakukan 30 April 2024, saya sampaikan Dokumen di bawah ini.




Setelah Observasi dilaksanakan, selanjutnya saya dan Ibu Pipi melaksanakan tahapan kegiatan Pasca Observasi. Kegiatan dilaksanakan untuk melakukan refleksi dan rencana tindak lanjut.. Untuk melihat Hasil Pasca  Observasi yang dilakukan 30 April 2024, saya sampaikan Dokumen di bawah ini.




Saya menyadari bahwa banyak hal yang didapat selama kegiatan Observasi antar teman. Dengan dipandu pedoman observasi maka perencanaan pelaksanaan dan refleksi berjalan sesuai dengan harapan. Model pembelajaran yang semula tidak tergambar oleh saya sekarang semakin jelas dan saya akan mulai menerapkan model pembelajaran dalam kelas lain. Anak muda kaya dengan berbagai Inovasi dan penggunaan Teknologi sehingga saya akan banyak belajar terutama penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran.

Selanjutnya saya bertanya kesan pesan selama diobservasi kepada Bu Pipi

Tiga hal yang saya Tanyakan, yakni Sejauh mana Tujuan Observasi Tercapai, Apakah ada Hambatan dan ketidak nyamanan saat Observasi dan Bagaimana Pengalaman saat diobservasi.

Untuk itu mari kita lihat hasil Umpan Balik dari Ibu Pipi selaku Guru yang diobservasi,

UMPAN BALIK  DARI BU PIPI KAMILAH, M.PD

Mari kita budayakan dan Berdayakan Kombel di Dalam Selolah, salah satunya dengan mengadakan Observasi dengan Rekan Sejawat. Melalui  Observasi dengan Rekan Sejawat maka Praktik praktik baik yang sudah dilaksanakan bisa dilaksanakan oleh guru lain dan berkolaborasi sehingga pembelajaran dapat bermakna dan berpihak pada murid kita.


Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...