Selasa, 19 Maret 2024

BERBAGI PRAKTIK BAIK

 SOSIALISASI ISU PERUNDUNGAN DI SMPN 12 BANDUNG

Perundungan merupakan sebuah perilaku agresif i yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang  secara sengaja dan berulang dengan tujuan agar orang lain merasa tidak nyaman maupun hingga menimbulkan dampak buruk lain seperti cedera secara psikologis, fisik, dan sosial

Ada beberapa jenis Perundungan anatara lain: Perundungan verbal dengan menggunakan kata- kata untuk menyakiti atau menghina orang  lain, seperti memanggil nama, menghina, atau mengancam.

Perundungan fisik dengan menggunakan kekuatan fisik untuk menyakiti atau mengancam orang lain, seperti memukul, menendang, atau mendorong.

Perundungan emosional dengan menggunakan tindakan   untuk menyakiti atau mempermalukan orang lain secar emosional, seperti menyebarkan rumor, mengucilkan, atau mengintimidasi.

Cyberbullying dengan menggunakan   teknologi untuk menyakiti atau mengancam orang lain, seperti mengirim pesan teks atau email yang mengancam, mengunggah foto atau video yang memalukan, atau menyebarkan rumor secara online.

Saya mulai mensosiaisasikan Isu Perundungan di sekolah tempat bekerja yakni SMP Negeri 12 Bandung. Harapan saya sekolah bebas dari prilaku Intoleran yakni perundungan baik siswa siswi, guru serta semua keluarga Besar sekolah tempat bertugas aman, nyaman serta kondusif.

Sosialisasi dilaksanakan pada teman sejawat terdekat yakni kepada Kelompok Belajar (Kombel) di sekolah,  melalui Kombel banyak manfaat yang bisa diambil yakni:

  1. Pertukaran Pengalaman/ Praktik
  2. Peningkatan Profesional
  3. Peningkatan Keterampilan
  4. Motivasi Dukungan
  5. Kolaborasi

Materi Sosialisasi dapat dilihat di bawah ini:








Kegiatan ini semakin meluas dipahami oleh guru-guru setelah ada Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) di Lingkungan SMP Negeri 12 Bandung yang diketuai oleh Bu Ria Lestari, M.Pd  (Koordinator BP/BK).

Saya semakin yankin dan percaya bahwa dengan adanya sosialisasi dan pembentukan tim, guru-guru akan semakin sigap mecegah dan menangani perundungan.



Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...