Rabu, 05 April 2023

AKSI NYATA

 KURIKULUM MERDEKA

TOPIK KE-1


Dalam Topik ke-1 (Kurikulum Merdeka) akan dibahas tentang, Modul ke-1 "Kurikulum"(Apa itu Kurikulum, Mengapa Kurikulum Perlu diubah dan Mengapa Kurikulum Perlu perlu diadaftasi. Modul ke-2 "Kurikulum dalam Pembelajaran". 

Untuk menyebarkan Kurikulum Merdeka saya melaksanakan Aksi Nyata pada Anak-anak kelas IX E, saat Pembelajaran PPKn. Mereka harus harus paham regulasi baru tentang sistem pendidikan yang sedang hangat yakni Kurikulum Merdeka, mereka belum menggunakan Kurikulum Merdeka, akan tetapi kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum 2013. Meskipun belum menggunakan Kurikulum merdeka tetapi mempersiapkan diri paham lebih awal, sehingga saat SMA, MA atau SMK Implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan di Kelas X nanti mereka sudah siap.

Perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta seni dan budaya. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus ini menuntut perlunya perbaikan sistem pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum untuk mewujudkan masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan zaman tersebut. 

Apa itu Kurikulum? Berdasarkan Permendikbud Nomor 718/P/2020 pengertian kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Adapun Fungsi kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan nasional dan sebagai pedoman bagi guru dan murid agar terlaksana proses belajar mengajar dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan.

Perbandingan Kurikulum 2013 dengan kurikulum Merdeka, di kurikulum merdeka fokus pada siswa seperti: potensi, minat bakat, gaya mengajar dan karakteristik yang dimilikinya. 

Kemudian dalam perencanaan Capaian Pembelajaran (CP) di tuangkan dalan satu Fase yang kemudian di jabarkan lagi ke dalam Alur Tujuan dan akhirnya di Rumuskan Tujuan Pembelajaran. 

Setelah tersusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)  maka disusunlah Modul Ajar. Baik ATP maupun TP disusun langsung oleh Guru Mapel dalam FGD Guru Mapel Sekolah.

Pengorganisasian muatan pelajaran menggunakan sistem paket sebagaimana diatur dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan melakukan pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester gasal dan genap dalam satu tahun pelajaran. Beban belajar pada sistem paket terdiri atas pembelajaran regular/tatap muka dan kegiatan proyek pelajar Pancasila.

Kegiatan proyek profil pelajar Pancasila: waktu Kegiatan  proyek ditentukan oleh pendidik yang waktunya 30% dari kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. 

Prinsip poyek profil pelajar Pancasila:Jam pelajaran diluar kegiatan intrakurikuler, Kegiatan proyek merupakan lintas mata pelajaran,Pelaksanaan dapat dilakukan di sekolah maupun di luar sekolah, Pelaskanaan tugas secara berkelompok dan berkolaborasi,Proyek yang dilakukan sesuai dengan tema yang telah ditentukan, Rencana proyek dilakukan di awal tahun pelajaran, dan Proyek dilakukan secara hergonomis, safety, dan sesuai dengan kapasitas   peserta didik.


         Poto Kegiatan Aksi Nyata


Video Aksi Nyata ke-1 Kurikulum Merdeka


Refleksi Saya setelah mempelajari Tofik Kurikulum Merdeka, adalah:

Hal yang memberikan perubahan kepada saya adalah bahwa dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka  adalah bagaimana mengubah mindset dalam mengembangkan sekolah terutama Kurikulum Merdeka dan  Proses pembelajaran.

Langkah konkrit yang harus saya lakukan selanjutnya adalah memulai dari diri sendiri untuk mengevaluasi diri dan terus menerus belajar untiuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman sebagai upaya mengisi atau “mencharge” Kembali hal-hal baru yang dapat memotivasi siswa untuk belajar, termasuk dalam menyusun Kurikulum Satuan Pendidikan dan Implementasiunya dalam Pembelajaran.

Form Umpan Balik

Mohon maaf Anak-anak kelas 9E Mohon di isi form Umpan Baliknya melalui Komen ini dengan cara menuliskannya di kertas Komen.

Terima Kasih Anak-anak kelas 9E yang Hebat “ Teruslah belajar untuk meraih prestasi, belajar dan berkarya lebih baik dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila!




Refleksi Aksi Nyata Anak 
Kelas 9E


Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...