MARI SUKSESKAN UJIAN PRAKTIK PASONE PROJECT
Awalan yang sangat baik, dimana kita berani mencoba melakukan terobosan baru mengemas suatu pembelajaran dengan sebuah project. Perlu kita sepakati bersama memang ending dari proses bukan akhir segalanya, akan tetapi perlu ditindak lanjuti dengan tindakan-tindakan kearah membidik karakter baik sesuai dengan profil Pelajar Pancasila.
Bismilah dengan rentang waktu yang sangat dekat menuju ke ujian Praktik, kita persiapkan dan buatkan komitmen yang kuat diantara tim peserta didik ataupun guru sebagai pembimbing. Alhasil kegiatan bisa terlaksana sesuai dengan harapan.
Beberapa model project yang disampaikan kepada peserta untuk dipilih:
- Air Mancur Heron
- Roket Air Sederhana
- Sistem Hidrolik
- Perahu/kapal Selam Sederhana
- Mobil Bertenaga Karet
- Kapal Selam Sederhana
Jumlah Peserta didik kelas 9 A-9G (215), Jumlah Rombel tujuh kelas dan tiap kelas di bagi menjadi lima Kelompok yang beranggotakan 6-7 Siswa. Setelah diberikan berbagai model project, maka siswa-siswi berdasarkan kelompok memilih Project berikut:
9 A:
- Kelompok 1: Roket Air
- Kelompok 2: Perahu/Kapal Selam Sederhana
- Kelompok 3:Air Mancur Heron
- Kelompok 4: Sistem Hidrolik
- Kelompok 5: Air Mancur Heron
9B :
- Kelompok 1 :Perahu/kapal sederhana
- Kelompok 2 :Air Mancur Heron
- Kelompok 3 :Air mancur heron
- Kelompok 4 :mobil Bertenaga Karet
- Kelompok 5 :Mobil bertenaga karet
9 C:
- Kel.1 : air mancur heron
- Kel.2 : Jembatan Hidrolik
- Kel.3 : Perahu
- Kel.4 : Kapal selam
- Kel.5 : Mobil bertenaga karet
9D:
- Kelompok 1 - sistem hidrolik
- Kelompok 2 - Air Mancur Heron
- Kelompok 3 - Roket Air Sederhana
- Kelompok 4 - Mobil Bertenaga Karet
- Kelompok 5 - Perahu Sederhana
9 E :
- Kelompok 1 : Air Mancur Heron
- Kelompok 2 : Sistem Hidrolik
- Kelompok 3 : Air Mancur Heron
- Kelompok 4 : Air Mancur Heron
- Kelompok 5 : Sistem Hidrolik
9 F :
- Kelompok 1:Kapal Selam Sederhana
- Kelompok 2: Sistem Hidrolik
- Kelompok 3:Air Mancur Heron
- Kelompok 4: Perahu Sederhana
- Kelompok 5:Mobil Bertenaga Karet
9 G:
- Kelompok 1 :Mobil Tenaga Karet
- Kelompok 2 : Air Mancur Heron
- Kelompok 3 : Mobil Tenaga Karet
- Kelompok 4 : Mobil Tenaga Karet
- Kelompok 5 : Air Mancur Heron
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tiaap mata pelajaran, meliputi:
PAI
Coba deskripsikan dan jelaskan arti kebersamaan dengan toleransi dan menghargai perbedaan terkait proyek yang akan kalian buat! Kaitkan dengan Q.S Al Hujurat (49):13 dengan ketentuan minimal dua lembar.
PPKN
Bila suatu saat produk kalian berhasil dan berkualitas sesuai dengan harapan konsumen. Langkah apa yang akan kalian lakukan supaya produk tidak ditiru/diambil alih oleh orang lain?
BAHASA INDONESIA
Buatlah sebuah teks berita mengenai tema proyek yang kalian buat dengan memperhatikan 5W+1H!
MATEMATIKA
1. Berbentuk bangun geometri apakah proyek yang kalian buat?
2. Jika proyek kalian berbentuk bangun ruang, maka jawablah pertanyaan di bawah ini:
- tuliskan rumus luas permukaan
- tuliskan rumus volume
- hitunglah luas permukaan benda proyek yang kalian buat
- hitunglah volume benda proyek yang kalian buat
Jika proyek kalian berbentuk bangun datar, maka jawablah pertanyaan di bawah ini:
- tuliskan rumus luas bangun datar
- tuliskan rumus keliling bangun datar
- hitunglah luas bangun benda proyek yang kalian buat
- hitunglah keliling bangun benda proyek yang kalian bu
IPA
Buatlah sebuah analisis yang mengemukakan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tekanan pada produk yang telah kalian buat! Tuliskan landasan teori, nama ilmuwan, beserta rumusan matematis dari produk yang telah kalian buat!
IPS
Deskripsikan seberapa besar pemanfaatan limbah/barang bekas yang kalian gunakan dalam pembuatan produk dikaitkan dengan prinsip ekonomi!
BAHASA INGGRIS
Write down the complete explanation about your project and it should be suitable with the generic structures and grammatical features of report text, and write down in 5 paragraphs!
PENJAS
Bagaimana bentuk tindakan P3K apabila terjadi keadaan darurat saat sedang mengerjakan proyek?
INFORMATIKA
Sebutkan dampak dari proyek yang kalian unggah ke publik!
SENI BUDAYA
Buatlah karya seni lukis dengan berbagai bahan, teknik, aliran, dan gaya lukisan dengan tema disesuaikan dengan selera masingmasing kelompok pada proyek yang dibuat. Kemudian, masingmasing kelompok mempresentasikan hasil lukisan pada proyek yang dibuat tersebut sesuai dengan unsur, prinsip, teknik, prosedur, aliran, dan gaya lukisan dalam bentuk video presentasi!
BAHASA SUNDA
Pék ku hidep jieun hiji gambar poster ngeunaan iklan layanan masarakat anu eusi gambar atawa kekecapanana gumantung kana judul anu ku kelompok hidep dipilih!
Lebih jelasnya lagi LKPD Ujian Sekolah Praktik Pasone Projek tertera di bawah ini.
https://anyflip.com/bdtjy/yfyl/
Sebelum kegiatan tentunya ada Kegiatan Bimbingan US Praktik Pasone Project. Kegiatan dilakukan lima hari, yakni:
Hari ke-1 (Rabu)
Kegiatan :
Memberikan
motivasi/semangat
Menentukan
Judul Pasone Project
Mencari
referensi/literatur
Mendisain
Produk,
Mendata
alat dan bahan yang akan digunakan
Pembagian
tugas US Praktik Pasone Project
Menginformasikan
LKPD
Hari ke-2 (Kamis)
Kegiatan :
Memberikan
motivasi/semangat
Membuat
produk pasone project
Menguji
coba produk
Hari ke-3 (jumat)
Kegiatan :
Melanjutkan
pembuatan produk pasone project
Mengujicoba
produk
Memperbaiki/mempatenkan
produk pasone project
Mempersiapkan
laporan/presentasi
Hari ke-4 (Senin)
Kegiatan :
Mengerjakan
LKPD
Membuat
bahan presentasi (ppt/canva/amaze dll)
Pembagian
tugas presentasi
Memberikan
motivasi/semangat
Hari ke-5 (Selasa)
Kegiatan :
Melanjutkan
pembuatan presentasi
Simulasi
Presentasi
Mengumpulkan
LKPD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar