Senin, 14 Maret 2022

UJIAN PRATIK PASONE PROJECT

 MARI SUKSESKAN UJIAN PRAKTIK PASONE PROJECT

Awalan yang sangat baik, dimana kita berani mencoba melakukan terobosan baru mengemas suatu pembelajaran dengan sebuah project. Perlu kita sepakati bersama memang ending dari proses bukan akhir segalanya, akan tetapi perlu ditindak lanjuti dengan tindakan-tindakan kearah membidik karakter baik sesuai dengan profil Pelajar Pancasila. 

Ujiam Sekolah Praktik Pasone Project adalah kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu yang lebih menekankan pada psikomotor, kecakapan, dan keterampilan peserta didik. Pelaksanaan ujian praktek dilakukan dengan tujuan untuk mengukur mutu dan pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan, juga mempertanggungjawabkan pelaksanaan pembelajaran, kecakapan dan keterampilan peserta didik selama menempuh pendidikan di SMP Pasundan 1 Bandung.
 
Ujian praktik akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 Maret 2022, secara berkelompok sesuai dengan kelompok pada pasone projeck sebelumnya.

Bismilah dengan rentang waktu yang sangat dekat menuju ke ujian Praktik, kita persiapkan dan buatkan komitmen yang kuat diantara tim peserta didik ataupun guru sebagai pembimbing. Alhasil kegiatan bisa terlaksana sesuai dengan harapan.

Beberapa model project yang disampaikan kepada peserta untuk dipilih:

  • Air Mancur Heron
  • Roket Air Sederhana
  • Sistem Hidrolik
  • Perahu/kapal Selam Sederhana
  • Mobil Bertenaga Karet
  • Kapal Selam Sederhana

Jumlah Peserta didik kelas 9 A-9G  (215), Jumlah Rombel tujuh  kelas dan tiap kelas di bagi menjadi lima Kelompok yang beranggotakan 6-7 Siswa. Setelah diberikan berbagai model project, maka siswa-siswi berdasarkan kelompok memilih Project berikut:

9 A:

  1. Kelompok 1: Roket Air
  2. Kelompok 2: Perahu/Kapal Selam Sederhana
  3. Kelompok 3:Air Mancur Heron
  4. Kelompok 4: Sistem Hidrolik
  5. Kelompok 5: Air Mancur Heron

9B :

  1. Kelompok 1 :Perahu/kapal sederhana
  2. Kelompok 2 :Air Mancur Heron
  3. Kelompok 3 :Air mancur heron
  4. Kelompok 4 :mobil Bertenaga Karet
  5. Kelompok 5 :Mobil bertenaga karet

9 C:

  1. Kel.1 : air mancur heron
  2. Kel.2 : Jembatan Hidrolik
  3. Kel.3 : Perahu
  4. Kel.4 : Kapal selam
  5. Kel.5 : Mobil bertenaga karet

9D:

  1. Kelompok 1 - sistem hidrolik
  2. Kelompok 2 - Air Mancur Heron
  3. Kelompok 3 - Roket Air Sederhana
  4. Kelompok 4 - Mobil Bertenaga Karet
  5. Kelompok 5 - Perahu Sederhana

9 E :

  1. Kelompok 1 : Air Mancur  Heron
  2. Kelompok 2 : Sistem Hidrolik
  3. Kelompok 3 : Air Mancur Heron
  4. Kelompok 4 : Air Mancur Heron
  5. Kelompok 5 : Sistem Hidrolik

9 F :

  1. Kelompok 1:Kapal Selam Sederhana
  2. Kelompok 2: Sistem Hidrolik
  3. Kelompok 3:Air Mancur Heron
  4. Kelompok 4: Perahu Sederhana
  5. Kelompok 5:Mobil Bertenaga Karet

9 G:

  1. Kelompok 1 :Mobil Tenaga Karet
  2. Kelompok 2 : Air Mancur Heron
  3. Kelompok 3 : Mobil Tenaga Karet
  4. Kelompok 4 : Mobil Tenaga Karet
  5. Kelompok 5 : Air Mancur Heron



Glogle Classroom yang dipersiapkan untuk Ujian Prakti Pasone Project

Aktifitas Pembimbingan, LKPD, Contoh  model, penugasan serta hasil Project ada di  Glogle Classroom tiap kelas.
Kode Google Classroom (setiap kelas):
IX A - dgm2lxh 
IX B - 4vkcjme 
IX C - bn2bjdq 
IX D - s45u5dg 
IX E - fmmdnkf 
IX F - 3l2432x 
IX G - jczuu44

Perencanaan Kegiatan Bimbingan US Praktik Pasone Project


Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) tiaap mata pelajaran, meliputi:

PAI

Coba deskripsikan dan jelaskan arti kebersamaan dengan toleransi dan menghargai perbedaan terkait proyek yang akan kalian buat! Kaitkan dengan Q.S Al Hujurat (49):13 dengan ketentuan minimal dua lembar.

PPKN

Bila suatu saat produk kalian berhasil dan berkualitas sesuai dengan harapan konsumen. Langkah apa yang akan kalian lakukan supaya produk tidak ditiru/diambil alih oleh orang lain?

BAHASA INDONESIA

Buatlah sebuah teks berita mengenai tema proyek yang kalian buat dengan memperhatikan 5W+1H!

MATEMATIKA

1. Berbentuk bangun geometri apakah proyek yang kalian buat? 

2. Jika proyek kalian berbentuk bangun ruang, maka jawablah pertanyaan di bawah ini: 

  1. tuliskan rumus luas permukaan 
  2. tuliskan rumus volume 
  3. hitunglah luas permukaan benda proyek yang kalian buat 
  4. hitunglah volume benda proyek yang kalian buat 

     Jika proyek kalian berbentuk bangun datar, maka jawablah pertanyaan di bawah ini: 

  1. tuliskan rumus luas bangun datar 
  2. tuliskan rumus keliling bangun datar 
  3. hitunglah luas bangun benda proyek yang kalian buat 
  4. hitunglah keliling bangun benda proyek yang kalian bu 

 IPA

Buatlah sebuah analisis yang mengemukakan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tekanan pada produk yang telah kalian buat! Tuliskan landasan teori, nama ilmuwan, beserta rumusan matematis dari produk yang telah kalian buat!

 IPS

Deskripsikan seberapa besar pemanfaatan limbah/barang bekas yang kalian gunakan dalam pembuatan produk dikaitkan dengan prinsip ekonomi! 

BAHASA INGGRIS

Write down the complete explanation about your project and it should be suitable with the generic structures and grammatical features of report text, and write down in 5 paragraphs!

PENJAS

Bagaimana bentuk tindakan P3K apabila terjadi keadaan darurat saat sedang mengerjakan proyek?

INFORMATIKA

Sebutkan dampak dari proyek yang kalian unggah ke publik!

SENI BUDAYA

Buatlah karya seni lukis dengan berbagai bahan, teknik, aliran, dan gaya lukisan dengan tema disesuaikan dengan selera masingmasing kelompok pada proyek yang dibuat. Kemudian, masingmasing kelompok mempresentasikan hasil lukisan pada proyek yang dibuat tersebut sesuai dengan unsur, prinsip, teknik, prosedur, aliran, dan gaya lukisan dalam bentuk video presentasi!

BAHASA SUNDA

Pék ku hidep jieun hiji gambar poster ngeunaan iklan layanan masarakat anu eusi gambar atawa kekecapanana gumantung kana judul anu ku kelompok hidep dipilih!

Lebih jelasnya lagi LKPD Ujian Sekolah Praktik Pasone Projek tertera di bawah ini.

https://anyflip.com/bdtjy/yfyl/

Sebelum kegiatan tentunya ada Kegiatan Bimbingan US Praktik Pasone Project. Kegiatan dilakukan lima hari, yakni:

Hari ke-1 (Rabu)
Kegiatan              :

Memberikan motivasi/semangat

Menentukan Judul Pasone Project

Mencari referensi/literatur

Mendisain Produk,

Mendata alat dan bahan yang akan digunakan

Pembagian tugas US Praktik Pasone Project

Menginformasikan LKPD

Hari ke-2 (Kamis)
Kegiatan              :

Memberikan motivasi/semangat

Membuat produk pasone project

Menguji coba produk

Hari ke-3 (jumat)
Kegiatan              :

Melanjutkan pembuatan produk pasone project

Mengujicoba produk

Memperbaiki/mempatenkan produk pasone project

Mempersiapkan laporan/presentasi

Hari ke-4 (Senin)
Kegiatan              :

Mengerjakan LKPD

Membuat bahan presentasi (ppt/canva/amaze dll)

Pembagian tugas presentasi

Memberikan motivasi/semangat

Hari ke-5 (Selasa)
Kegiatan              :

Melanjutkan pembuatan presentasi

Simulasi Presentasi

Mengumpulkan LKPD


Tidak ada komentar:

BAHAN AJAR DAN LKPD

NORMA-NORMA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT Kebutuhan antara satu manusia dengan manusia lainnya tidak selalu sama dan terus berubah. Dengan bany...