Pembinaan Guru PNS DPK Kota Bandung di lingkungan YPDM Pasundan
Rabu 17 November 2021
Poto Bersama Selepas Pembinaan
Dengan di inisiasi Ketua MKKS YPDM Pasundan, Bapak Nana Mulyana, S.Pd, M.Si kegiatan Pembinaan Guru PNS DPK Kota Bandung di lingkungan YPDM Pasundan,Rabu 17 November 2021 berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatan dihadiri kurang lebih 60 Guru PNS.
Dalam sambutannya Bapak Ketua YPDM Pasundan Dr H. Dadang Mulyana M.Si menghaturkan banyak terima kasih atas kehadiran Bapak Kadis dan Bapak Kasi P3TK SMP Disdik Kota Bandung, menghaturkan terima kasih atas sumbangan terhadap sekolah-sekolah di lingkungan Pasundan Kota Bandung serta pembinaan peningkatan kualitas guru di lingkungan YPDM Pasundan. Selanjutnya Bapak Ketua meminta keseriusan para peserta dalam mengikuti pembinaan yang akan dilakukan oleh Disdik Kota Bandung.
Kemudian sambutan sekaligus pembukaan pembinaan langsung oleh Bapak Kepala Disdik Kota Bandung Bapak Drs. Hikmat Ginanjar, M.Si . Beliau menjelaskan bahwa bekerja sepenuh hati dan ikhlas, bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Kemudian mengilustrasikan kekompakan dari 5 jari yang bekerja saling menguatkan. Biasakan bekerja dengan hati , hati yang bersih tentunya akan mengundang hal-hal yang bersih. Sebaliknya hati yang kotor akan mengundang enerji kotor. Hari-hari diisi dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Jadilah guru yang disenangi dan dirindukan oleh murid.
Tibalah acara inti yakni pembinaan dari Kasi P3TK SMP Disdik Kota Bandung Bapak Drs. Nana Hanadi M.M.Pd dalam paparannya beliau menjelaskan kan Landasan Pengemb.Kurikulum Berdasarkan Pendekatan Teori Pendidikan
- KLASIK
(Perrenialism, Essensialism)
- PERSONAL
(Progresif, Romantic)
- INTERAKSIONAL
(Intra-Inter personal)
- TEKNOLOGI
(Hardware, Software)
- REKONSTRUKSIONAL
(Sosial, Psikologi)
- IMTAQ (Keteladanan, Akhlakulkarimah, Ibadah)
Kita tidak lepas dari kemajuan, pesatnya industri dan teknologi, sehingga dibutuhkan Ketrampilan berpikir berbasis kecakapan Abad 21
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
- COGNITIVISME
(Mengolah hubungan alam pikir dengan dunia nyata/penyimpanan memori)
- BEHAVIOURISME
(Menganalisis tingkah laku melalui Habit dan Carracter)
- CONTRUCTIVISME
(Membentuk persepsi/Visi Misi/Pengetahuan melalui pengalaman nyata)
Peserta didik berada di jaman Revolusi Industri 4.0. Kemudian Sekedar menyegarkan ingatan kita bahwa Revolusi Industri 0 1 adalah Penemuan Mesin, Revolusi Industri 2.0 Penemuan listrik, Revolusi Industri 3.0 Penemuan Komputer ,Revolusi Industri 4.0 Penemuan Teknologi Digital dan rencana menuju ke Revolusi Industri 5.0 yakni penemuan Robot. Awalnya Revolusi Industri itu adalah dipengaruhi oleh kurangnya SDM. kata narasumber kita.
Kita sebagai guru membelajarkan kan Peserta didik sesuai dengan zamannya nya dan ada di zaman manakah kita?
Itulah pertanyaan yang sekaligur memberikan motivasi bahwa belajar perlu sepanjang hayat, sehingga kita bisa" Miindung ka Waktu dan MiBapa ka Jaman" Maksudnya tidak melawan akan perubahan Zaman akan tetapi mengikutinya.
Sekian catatan di buat untuk dijadikan penanda bahwa kita harus bekerja dengan ikhlas, sepenuh hati dan banyak inovasi. Jadikan semua jadi ladang ibadah.
Salam Sehat.
1 komentar:
Good.
Posting Komentar